SOLOPOS.COM - Alun-alun Blora dari pantauan udara. (YouTube Espos Indonesia)

Solopos.com, BLORA — Kabupaten Blora, Jateng semakin menarik perhatian sebagai destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam, kekayaan budaya, serta kuliner yang menggoda.

Diapit tegapnya pohon jati dan hamparan sawah yang hijau, Blora mempersembahkan pemandangan alam yang memesona bagi para pengunjung. Dikenal akan minyak, gas, dan tentunya pohon jati membuat Blora memiliki potensi besar untuk dieksplorasi.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Kecamatan Cepu jadi wilayah dengan potensi minyak dan gas terbesar. Bahkan pada tahun 2021, Cepu memberikan sumbangsih sebesar 30% produksi gas untuk seluruh Indonesia.

Selain gas, juga menjadi penghasil pohon jati. Sekitar 49,52% dari total wilayah di Kabupaten Blora dikepung pohon jati. Di antaranya terdapat pohon jati tertua yang diberi nama Jati Denok (kini berusia sekitar 450 tahun).

Sebagai penyuplai kayu jati berskala raksasa di Pulau Jawa, dengan segenap kreativitasnya, masyarakat Blora turut mengembangkan beragam kerajinan yang tak hanya memanfaatkan kayu jati, namun juga akar jati.

Dari pohon inilah, masyarakat Blora menjadikan jati sebagai sandaran hidupnya. Tak ayal, daerah khas penghasil pohon jati di Tanah Air, yakni Kabupaten Blora.

Selain populer akan pohon jati, Kabupaten Blora ternyata menyimpan sebuah permata tersembunyi yang menjadi daya tarik wisata, yaitu Desa Sambongrejo. Kampung Samin yang asri dipadukan dengan budaya dan tradisi yang dijaga lestari menjadi tempat bagi Komunitas Adat Sedulur Sikep.

Sambutan hangat Pramugi Prawiro Wijoyo atau yang kerap disapa Mbah Pram sebagai ketua dewan pimpinan pusat Sedulur Sikep menegaskan keramahan kepada pengunjung masjid dipegang erat. Selain itu, Sedulur Sikep juga memegang erat soal kerukunan, kejujuran, dan kebersihan.

Berdasarkan penuturan Bupati Blora, H. Arief Rohman ketika ditemui Tim Espos Indonesia, Desa Wisata Sambongrejo ini ditetapkan sebagai salah satu desa wisata terbaik dalam 75 Desa Terbaik dalam Anugerah Desa Wisata (ADWI) tahun 2023. Hal ini seperti yang diunggah di Youtube Espos Indonesia pada Rabu (19/7/2023).

Selain wisata dan sumber energi, Blora sendiri memiliki magnet melalui cita rasa autentik yang tidak bisa ditemui di wilayah lain. Bupati Blora, Arief, saat menyambut Tim Espos Indonesia di rumah dinasnya menyuguhkan aneka kuliner khas Blora, seperti lontong opor ayam kampung, satai Blora yang bisa dinikmati dengan bumbu kacang yang lembut atau kuah berwarna kuning menyerupai kuah kare, hingga olahan ikan cendil kuliner khas Cepu.

Tak berhenti sampai di sini, Blora juga memiliki kuliner yang cocok dijadikan sebagai santapan sarapan favorit, yaitu Pecel Pawon Mbah Minah. Telah berdiri sejak tahun 1963, pecel ini memiliki cita rasa yang autentik dengan kuah bumbu kacang yang pedas dan bertekstur halus yang disajikan dengan daun jati.

Belum puas berkuliner? Anda bisa mencicipi minuman kopi unik yang dipadukan dengan santan. Dibanderol mulai dari Rp6.000, Kopi Santen Blora ini berhasil menarik atensi pengunjung luar kota untuk mencicipi keaslian rasa kuliner di Blora.

Diungkapkan oleh Bupati Arief, dari diplomasi kuliner ini menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan Blora kepada masyarakat luas.

“Dari kuliner ini kita bisa berdiplomasi kuliner, banyak tamu-tamu yang kita undang salah satunya adalah untuk menikmati kuliner Blora. Biar mau kembali ke Blora lagi,” terang Bupati Blora.

Potensi kuliner yang dimiliki Blora ternyata juga membantu perekonomian warga setempat. Lantaran ada kuliner berbahan dasar ayam, warga juga antusias beternak hewan tersebut.

“Jadi salah satu diplomasi juga, kami memperkenalkan Blora. Oh, Blora terkenal satai ayamnya, jadi melekat di benak kalau berkunjung ke Blora tidak hanya berinvestasi atau hal lain, tapi harus merasakan kulinernya, salah satunya dengan diplomasi kuliner,” tambahnya.

Dengan semarak tagline Sesarengan Mbangun Blora Berkelanjutan segenap masyarakat turut berpartisipasi untuk menciptakan Blora lebih maju.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya