SOLOPOS.COM - Wayang Bawor jadi ikon Banyumas. (Istimewa/Instagram @hokgie13)

Solopos.com, BANYUMAS — Bawor menjadi salah satu tokoh wayang gagrag Banyumasan. Bawor begitu terkait dan identik sebagai ikon yang melekat dan tak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat Banyumas.

Dilansir dari laman website ensiklopediajawatengah.com pada Jumat (14/7/2023), Bawor menjadi simbol Pemerintah Kabupaten Banyumas dan Kota Purwokerto.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Namanya juga diadopsi oleh Laskar Bawor, pendukung Persatuan Sepakbola Indonesia Banyumas (Persibas). Bawor juga dijadikan sebagai salah satu varietas durian asli Banyumas yang mirip seperti montong.

Dilansir dari laman digilib.isi.ac.id dalam judul Bawor dalam Pakeliran Banyumasan, Bawor atau Carub dianggap sebagai anak tertua dari Semar, salah satu tokoh Punakawan pada pakeliran gaya Banyumasan.

Divisualisasikan dengan muka berwarna putih bermata plolon, dahi lebar, mulut dobleh, hidung sunthi, dan rambut berkucir. Tubuhnya berwarna hitam dengan posisi jari-jari ngepel dan memiliki punuk.

Sebagai ikon Banyumas, Bawor diilustrasikan dengan sifat yang lugu, jujur, sederhana, dan cablaka atau terang-terangan tanpa ada yang disembunyikan. Hal itu merepresentasikan karakter umum masyarakat Banyumas.

Masih dilansir dari laman digilib.isi.ac.id dalam judul Bawor dalam Pakeliran Banyumasan, dijadikannya Bawor sebagai ikon Banyumas berakar dari ide salah satu tokoh pemerhati kebudayaan Banyumas pada tahun 1987, Bambang S. Purwoko yang kemudian disetujui oleh Djoko Sudantoko, Bupati Banyumas kala itu.

Bawor sebagai ikon yang mewakili Banyumas disosialisasikan pada masa kepemimpinan Bupati Djoko Sudantoko yang menjabat dari tahun 1988-1998. Kemudian, Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Banyumas mengajukan usulan agar tokoh Bawor dijadikan logo pada spanduk dan penerbitan buku pada perayaan Hari Jadi Banyumas.

Melalui penyebaran informasi secara lisan, tanpa musyawarah, sidang DPRD, dan belum ditetapkan dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda) atau Peraturan Bupati Banyumas, tokoh Bawor ditetapkan sebagai ikon Banyumas yang didukung penuh oleh mayarakat Banyumas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya