SOLOPOS.COM - Curug Jenggala Banyumas. (Istimewa/Instagram @kriz_se)

Solopos.com, BANYUMAS — Mengisi waktu liburan dengan pergi ke curug bisa jadi alternatif tujuanmu yang ingin healing ke alam. Di Jawa Tengah, ada banyak pilihan wisata alam indah yang dapat kamu dikunjungi, salah satunya Curug Jenggala di Banyumas.

Tak hanya menawarkan pesona keindahan air terjunnya, Curug Jenggala menyajikan tempat yang nyaman dan sejuk yang cocok untuk melepas penat. Lokasi Curug Jenggala terletak di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Berada di kaki Gunung Slamet membuat wilayah di sekitarnya dikelilingi dengan perbukitan. Tak heran, jika curug Jenggala menghadirkan perpaduan keindahan alam yang sangat memukau.

Dilansir dari berbagai sumber, sejarah curug Jenggala sebelum jadi tempat wisata adalah dulunya “korban” dari pembalakkan liar. Pada 2005, disepakati air terjun beserta kawasannya dikelola swasta dan masyarakat.

Curug Jenggala sebelumnya bernama Curug Tempuan karena terdapat beberapa sungai yang menjadi satu. Setelah melalui mufakat akhirnya namanya diganti menjadi Jenggala, yang berarti Ksatria.

Daya tarik utama Curug Jenggala bisa dilihat dari kehadiran air terjunnya, yaitu memiliki tiga aliran air terjun utama dengan satu aliran air terjun kecil yang terlihat menyatu. Tingginya pun hanya sekitar 30 meter (rata-rata tingginya sama).

Sedangkan sumber air Curug Jenggala sendiri berasal dari gabungan beberapa sungai. Meskipun aliran air yang turun sangat deras, namun kondisi airnya sangat jernih.

Area kolamnya juga sangat luas dan cukup dangkal. Jadi cocok untuk spot hunting foto atau sekedar bermain air.

Kawasan curug Jenggala juga punya taman yang eksotis yang bisa digunakan untuk tempat bersantai. Selain itu, area camping juga jadi favorit wisatawan yang ingin menikmati panorama alam yang eksotis di Curug Jenggala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya