SOLOPOS.COM - Pantai Celong Batang. (Istimewa/Instagram @awan_izer)

Solopos.com, BATANG — Selain Pantai Jodo, mengunjungi Pantai Celong juga bisa dijadikan alternatif untuk mengisi waktu liburan di Batang, Jawa Tengah.

Tak kalah menarik dengan pantai-pantai di Jawa Tengah lainnya, Pantai Celong menyajikan pesona keindahan yang tidak ada duanya.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Mengingat ke masa lalu, ternyata Pantai Celong ini juga memberi cerita sejarah pada masa kerajaan Islam berdiri khususnya Pulau Jawa.

Seperti dilansir dari pariwisata.batangkab.go.id, Pantai Celong diyakini sebagai tempat berlabuhnya Dapunta Syailendra, yaitu pendiri Wangsa Syailendra yang keturunannya menjadi raja-raja Mataram Kuno di Tanah Jawa.

Pantai Celong sendiri berada di Dukuh Mangunsari, Desa Kedawung, Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Lokasi tepatnya berada di sisi utara Kecamatan Banyuputih.

Saat datang ke Pantai Celong, Anda akan disuguhi pemandangan yang indah. Di sisi kanan dan kiri sepanjang perjalanan, anda akan dimanjakan dengan rimbunan pohon karet yang merupakan komoditi dari daerah Desa Kedawung.

Berbeda dengan pantai umumnya yang mempunyai area pasir di pinggirnya, di bibir Pantai Celong menyajikan jalan bebatuan dan terdapat batu-batuan berukuran sedang seakan menepi terbawa arus. Di sinilah biasanya juga dijadikan spot terbaik untuk mancing bagi warga setempat maupun wisawatan.

Disediakan juga fasilitas perahu yang bisa disewa para pengunjung untuk bisa sedikit ke tengah laut. Di sore harinya, momen sunset adalah yang paling ditunggu-tunggu. Aktivitas mengambil gambar siluet dengan tumpukan bebatuan khasnya Pantai Celong semakin banyak diminati wisatawan terutama anak-anak muda.

Bukan hanya di Pantai Jodo, Anda bisa menikmati pemandangan Pantai Celong dari ketinggian yang juga memperlihatkan jalur kereta api yang menghubungkan Jakarta-Surabaya berdampingan dengan garis pantai, serta keindahan Laut Jawa bertemu dengan daratan Pulau Jawa.

Di kawasan pantai juga banyak ditumbuhi pepohonan yang cocok untuk tempat berteduh para pengunjung. Duduk santai menghadap pantai sambil menikmati kuliner khas Pantai Celong juga menjadi aktivitas menarik untuk dicoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya