SOLOPOS.COM - Sawangan Adventure di Kebumen, Jateng. (Instagram)

Solopos.com, KEBUMEN — Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Jateng), memang terkenal dengan wisata alam berupa pantai. Salah satu pantai yang populer di Kebumen adalah Pantai Menganti.

Kendati demikian, tak lengkap rasanya jika ke Pantai Menganti, Kebumen, tanpa singgah terlebih dahulu ke Sawangan Adventure.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Diolah dari berbagai sumber, Sawangan Adventure masih dalam satu garis pantai dengan Pantai Menganti, Kebumen, meskipun sudah tidak dalam satu kawasan. Alamat lebih tepatnya masuk wilayah Dusun Nagasari, Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah.

Medan menuju ke Sawangan Adventure memang berkelok-kelok dan menanjak. Sampainya di sana juga harus naik jalan kaki lumayan jauh untuk menuju puncak. Tetapi sampainya di puncak langsung disambut dengan lautan di bawahnya.

Sawangan Adventure ini menawarkan paket wisata yang lengkap dan menarik. Pengunjung akan diperlihatkan banyak keindahan alam, mulai dari Curug Sawangan, Goa Siwiwi, Goa Karangduwur, Pantai Nogosari, Bukit Nogosari, dan masih banyak lagi.

Dari area parkir, pengunjung bisa melewati jalan setapak, menapaki tangga bambu, dan melewati camping ground, hingga sampai di tebing yang menyajikan pemandangan menakjubkan.

Laut lepas Samudra Hindia terlihat begitu luas, dengan tebing dan berbukitan hijau di sepanjang pantai. Di bagian paling atas, terdapat papan kayu yang bertulisan “i love u” yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berswafoto. Ada pula Bukit Sumber Angin dengan jembatan bambu yang tak kalah menarik. Lokasi ini juga cocok bagi pengunjung yang hobi berpetualang karena medan yang cukup seru, deburan ombak pantai selatan menantang serta suasana yang masih alami.

Di sini pengunjung bisa melihat sunset, berkunjung ke air terjun Sawangan yang katanya air jatuh dari gua, flying fox, ada spot sunset,pantai sawangan, juga bisa mencoba caving gua yang didalamnya ada telaga. Wisata alam yang indah ini selalu membuat rindu. Apalagi suasana yang hening, dikelilingi oleh warga yang ramah juga, membuat banyak wisatawan yang telah berkunjung ke sana ingin mengunjungi lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya