SOLOPOS.COM - Pemandangan alam di Gunung Kelir, Kabupaten Semarang. (humas.jatengprov.go.id)

Solopos.com, SEMARANG — Kabupaten Semarang di Jawa Tengah (Jateng) memiliki sederet potensi wisata alam yang menarik untuk didatangi. Salah satunya adalah lereng Gunung Kelir yang terletak di Desa Brongkol, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang.

Desa Brongkol terletak di kaki Gunung Kelir, sebuah gunung kecil yang terletak di utara Gunung Telomoyo. Desa ini tidak hanya terkenal akan keindahan alamnya, tapi juga sebagai penghasil durian.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Durian khas Brongkol memiliki warga kuning dengan rasa manis bercampur pahit. Biasanya, musim panen durian Desa Brongkol terjadi pada bulan Januari-Maret.

Selain dikenal sebagai penghasil buah durian, Brongkol juga dikenal dengan wisata alam. Salah satu yang cukup populer adalah wisata Lereng Kelir. Berikut beberapa hal menarik yang bisa dinikmati wisatawan di Lereng Kelir.

1. Pemandangan Alam

Di puncak lereng, pengunjung dapat melihat tempat tersebut dikelilingi oleh pemandangan alam yang luar biasa yang terhampar sejauh mata memandang. Sebuah menara pandang yang terbuat dari bambu yang letaknya di puncak lereng kelir yang dibuat oleh pihak pengelola siap menjadi spot menarik untuk berfoto. Jika ingin melihat pemandangan yang menakjubkan dari Pegunungan Ungaran, hutan pinus, dan landscape Danau Rawa Pening, maka tempat ini adalah spot yang paling tepat.

2. Sunrise

Puncak Lereng Kelir ini menjadi spot yang sangat strategis untuk menikmati pemandangan saat matahari terbit. Pengunjung dapat datang saat subuh untuk mendapatkan momen sunrise di tempat ini. Jika cuaca sedang bagus, pemandangan menakjubkan akan tercipta saat sunrise. Gunung-gunung yang mengelilingi wilayah ini akan membentuk siluet yang indah di bawah awan orange. Momen ini banyak di buru oleh para wisatawan yang datang. Tetapi diperlukan sedikit perjuangan untuk sampai di sana.

3. Hiking Menantang

Jika ingin hiking di tempat ini, dari bawah harus melaui trek mendaki selama 2 jam. Perlu stamina yang bagus agar tidak menyerah di tengah jalan. Bagi yang sudah terbiasa mendaki gunung, mungkin ini adalah hal yang biasa. Tetapi bagi para pemula sebaiknya siapkan dulu stamina dengan baik. Karena jalan yang akan di lewati cukup terjal dan menguras tenaga. Walaupun melelahkan, namun sepanjang perjalanan Anda akan merasakan udara yang sejuk dan bersih.

4. Hutan Pinus

Bagi yang hiking, Sebelum mencapai puncak, pengunjung bisa berhenti sejenak di hutan pinus untuk menikmati pemandangan sembari beristirahat. Letak hutan pinus ini tidak begitu jauh dari puncak. Dari sini dapat melihat pemandangan landscape Gunung Ungaran. Pengunjung juga bisa mendapatkan banyak foto-foto bagus di tempat ini.

5. Camping

Daerah yang bisa di gunakan untuk camping cukup luas. Pengunjung bisa mengajak beberapa teman agar camping menjadi lebih seru. Bonus yang bisa didapatkan jika bermalam di Puncak Lereng Kelir adalah pemandangan saat malam hari yang yang sangat indah. Kelap kelip lampu rumah penduduk yang menghiasi pemandangan dari atas akan terlihat di jamin akan membuat suasana camping menjadi sangat menyenangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya