SOLOPOS.COM - Pesona cahaya surga di Goa Terawang. (Istimewa/blorakab.go.id)

Solopos.com, BLORAGoa Terawang merupakan salah satu wisata populer di Blora, Jawa Tengah. Goa ini adalah satu objek wisata alam di Blora dengan sajian keindahan alaminya.

Goa Terawang terletak di Desa Kedung Wungu, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 32 km arah barat Kota Blora atau 107 km dari Kota Semarang.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Goa Terawang mempunyai panjang alur lebih dari 180 meter dengan kedalaman 5-11 meter di bawah permukaan tanah. Sebelum masuk ke goa, pengunjung harus menuruni anak tangga sepanjang 15 meter hingga mulut gua.

Berdasarkan cerita yang berkembang di masyarakat, sejarah Goa Terawang pada jaman penjajahan Belanda pernah digunakan sebagai tempat persembunyian tentara VOC guna menyusun strategi menguasai kawasan Blora. Pada masa pemerintahan bupati Blora pertama, Cokronegoro Hadiningrat Goa Terawang pernah dipakai pertemuan perundingan perdamaian dengan tentara VOC.

Selain cerita sejarahnya, daya tarik Goa Terawang ini tak lepas dari pesona alaminya. Keunikan dari goa ini bukan hanya tampilan dari dalam guanya. Ciri khas Goa Terawang terletak pada lubang-lubang pada langitnya.

Di langit-langit Goa Terawang terdapat beberapa lubang yang ukurannya bervariasi mulai dari kecil sampai dengan ukuran besar. Melalui lubang itulah, sinar matahari menerobos ke dalam goa sehingga menciptakan sorot cahaya yang menakjubkan layaknya cahaya dari surga.

Selain itu, fungsi lubang-lubang tersebut sebagai jendala goa yang mengatur sirkulasi udara dalam goa sehingga membuat kondisi dalam goa tidak terlalu lembab dan pengap. Keunikan Goa Terawang inilah yang membuat para wisatawan Blora hingga luar kota penasaran untuk melihat secara langsung momen tersebut.

Disarankan bagi Anda yang ingin merasakan momen tersebut datang saat cuaca cerah atau saat matahari sedang bersinar karena momen tersebut hanya bisa didapatkan pada jam-jam tertentu. Momen unik tersebut biasanya diabadikan wisatawan dengan berfoto di bawah sorot matahari seakan memberi efek siluet yang indah.

Bukan hanya itu, ada hal menarik lainnya yang bisa dinikmati di luar goa yaitu keindahan hutan jati yang rindang dan bermain dengan satwa yang ada disekitarnya. Ada juga fasilitas baru yang disediakan pengelola seperti rumah pohon dan jalur keliling hutan jati bagi yang ingin menyewa ATV.

Goa Terawang buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Jadi, bagi Anda yang ingin berkunjung ke Goa Terawang bisa memilih waktu terbaik untuk menikmati momen di Goa Terawang ini bersama teman maupun keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya