SOLOPOS.COM - Kopi Santan khas Blora. (Istimewa/Google Maps Warung Kopi Santen Mbah Sakijah Jepangrejo)

Solopos.com, BLORA — Minuman kopi kini sudah menjadi menu wajib yang ada di setiap tempat tongkrongan atau kafe. Banyak inovasi olahan kopi kekinian yang dibuat semenarik dan seunik mungkin guna menggaet perhatian para pecinta kopi.

Di antara berbagai jenis olahan kopi kekinian, kali ini ada kopi unik khas Blora yang wajib dicoba. Bagi para pecinta kopi, yuk sini merapat!

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Jika kopi pada umumnya diseduh hanya menggunakan air panas, Kopi Santan Blora menyeduhnya menggunakan santan.

Sesuai namanya, komposisi utama kopi santan adalah campuran kopi dan santan yang diseduh sesuai takaran. Ada salah satu warung Kopi Santan Blora yang terkenal enak dan legendaris, yaitu Warung Kopi Santan Mbah Sakijah yang terletak di Desa Jepangrejo, Kecamatan Blora Kota.

Melansir dari pariwisata.blorakab.go.id, Warung Kopi Santan Mbah Sakijah sudah didirikan sejak tahun 1980-an. Diketahui, kini warung kopi tersebut diwariskan turun-menurun hingga generasi ketiga Mbah Sakijah.

Tak heran jika Kopi Santan Mbah Sakijah ini sudah melegenda di kalangan pecinta kopi, khususnya masyarakat Blora. Soal rasa tidak usah ditanya, dilihat dari pengalamannya dalam menyeduh kopi tentu berbeda dengan pemula.

Melansir dari berbagai sumber, pengolahan bubuk kopinya sendiri juga sama dengan kopi pada umumnya, yaitu disangrai lalu digiling halus. Bedanya tentu ada di racikannya, santan dan kopi dicampur menjadi satu baru kemudian direbus, terus diaduk hingga mendidih.

Santan di sini digunakan sebagai pengganti air. Setelah mendidih, lalu diberi gula secukupnya. Jika sudah matang, kopi santan disaring dan siap dihidangkan.

Istimewanya lagi, santan yang digunakan menyeduh kopi diparut lebih dahulu sebelum diolah. Jika ada yang memesan kopi santan, kelapa mulai diparut kemudian diperas. Itulah yang menjadi kunci kopi santan rasanya segar dan lebih gurih.

Bagaimana penasaran dengan rasanya? Anda bisa datang langsung ke Warung Kopi Santan Mbah Sakijah untuk mencicipi kopi khas Blora yang satu ini. Jangan lupa mampir jika berkunjung ke Blora ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya