SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pantai Surumanis di Kebumen. (https://pasir.kec-ayah.kebumenkab.go.id/index.php/web/artikel/4/159)

Solopos.com, KEBUMEN – Kabupaten Kebumen di Jawa Tengah (Jateng) memang identik dengan wisata pantai. Salah satu pantai di Kebumen yang bisa dikunjungi adalah Pantaai Surumanis.

Pantai Surumanis yang ada di Kebumen memang tidak sepopuler Pantai Menganti yang memiliki hamparan pasir putih nan eksotis. Pantai ini memiliki ciri khas deburan ombaknya yang deras, serta dihiasi perbukitan yang hijau. Pantai Surumanis berada di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Pantai Surumanis bisa dijadikan sebagai lokasi untuk self healing, hunting foto, hingga camping. Pantainya yang indah dan tenang, dapat menjadi referensi untuk dikunjungi akhir pekan atau saat musim liburan sekolah, seperti saat ini. Saat sampai di pantai ini, pengunjung dapat lebih dahulu menjelajahi bagian buktinya. Terdapat beberapa spot foto yang dapat dimanfaatkan sebagai gardu pandang maupun lokasi untuk hunting foto-foto keren. Spot foto yang ada di kawasan ini terbuat dari kayu. Berlatarkan Pantai Surumanis sangat terlihat dengan jelas, akan membuat hasil foto terlihat keren. Lokasi ini juga banyak digunakan pengunjung sebagai lokasi untuk menikmati sunset.

Spot selfie di kawasan bukit ini cukup banyak. Pantai Surumanis bahkan juga memiliki area kolam renang yang lokasinya berada di jalur menuju area pantai. Meskipun kolamnya tak terlalu besar, tetapi viewnya yang langsung berhadapan dengan pantai, begitu memanjakan mata.

Spot utama Pantai Surumanis berada di area bawah, maka pengunjung perlu terlebih dahulu menyusuri jalan menurun hingga menapaki beberapa anak tangga. Meskipun jalurnya tidak begitu lebar, tetapi sudah tertata dengan baik. Tetapi perlu juga berhati-hati karena jalur yang dilewati cukup curam.

Pantai Surumanis berada di antara Pantai Menganti dan Pantai Lampon. Oleh sebab itu, pantainya memiliki deburan ombak yang sangat kencang khas dari pantai selatan. Memiliki hamparan pasir yang landai, lembut, dan berwarna hitam kecokelatan, di kiri dan kanan pantainya juga berhiaskan tebing batu yang cukup tinggi. Pantai ini memang tak begitu ramai, sehingga banyak dikunjungi wisatawan yang ingin healing tanpa keramaian.

Uniknya, Pantai Surumanis juga memiliki sebuah curug atau air terjun yang berada di bagian sudut pantai. Meski tak begitu tinggi, Air Terjun ini tetap menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya