SOLOPOS.COM - Petani memeriksa tanaman tomat yang tertutup abu vulkanik erupsi gunung Merapi di perladangan Desa Babadan, Dukun, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (10/3/2022). Gunung Merapi mengalami erupsi pada Rabu (9/3/2022) pukul 23.30 dengan memuntahkan luncuran awan panas sejauh lima kilometer ke arah tenggara dan sebaran abu vulkanik ke arah barat daya di wilayah kabupaten Magelang. ANTARA FOTO/Anis Efizudin/foc.

Solopos.com, SEMARANG — Erupsi atau meletusnya Gunung Merapi pada Sabtu (11/3/2023), rupanya sedikit berdampak pada sejumlah wilayah di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Akibat erupsi Merapi itu sejumlah wilayah di Kabupaten Semarang dilanda hujan abu tipis pada Minggu (12/3/2023) hingga Senin (13/3/2023) dini hari WIB.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Kabupaten Semarang, Juwair Suntara, membenarkan adanya hujan abu yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Semarang. Berdasarkan data yang dihimpun, hujan abu vulkanik itu melanda sejumlah wilayah di Kecamatan Getasan, Banyubiru, Ambarawa, Jambu, Pringapus, dan Ungaran.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

“Laporan dari masyarakat dan sukarelawan abu vulkanik sudah sampai Kabupaten Semarang. Kami imbau masyarakat waspada agar tidak menghirup [abu vulkanik] yang berisiko terhadap penyakit paru-paru. Kalau bepergian diharapkan memakai masker,” ujar Suntara, Senin.

Seorang warga Kelurahan Panjang, Kecamatan Ambarawa, Dhanis Setianto, membenarkan jika wilayahnya sempat dilanda hujan abu vulkanik imbas dari Gunung Merapi yang meletus. Hujan abu itu, menurutnya, turun di wilayah Ambarawa pasca-hujan deras.

“Siang sampai sore Ambarawa bagian barat diguyur hujan deras. Sekitar jam 17.15 WIB hujan reda, langit cerah dan mulai turun abu vulkanik tipis,” terangnya.

Dikatakan hujan abu turun sejak sore itu sampai malam dini hari. Hal itu, kata Dhanis, terlihat dari sejumlah kendaraan yang terparkir di luar rumah yang selimuti abu tipis.

“Semalam mobil dan motor terparkir diselimuti abu vulkanik. Pagi hari tadi nyapu di depan rumah juga ada abu tipis,” ungkapnya.

Hal senada juga dikatakan Susilo, warga Brongkol, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, yang wilayahnya juga terdampak hujan abu tipis pada Minggu malam.

“Ya semalam memang turun hujan abu. Cuma tipis saja kalau di sini,” terangnya.

Ia juga menyadari adanya hujan abu tipis itu setelah melihat di grup WhatsApp warga yang membicarakan kalau hujan abu sampai di wilayahnya. “Saya cek di depan rumah ternyata benar. Motor kena abu tipis,” bebernya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya