SOLOPOS.COM - Masjid Jawahirul Akbar Wonosobo. (Istimewa/Google Maps Masjid Jawahirul Akbar)

Solopos.com, WONOSOBOMasjid Jawahirul Akbar merupakan masjid yang berdiri megah di sebelah utara Kota Wonosobo, tepatnya di Kelurahan Kalianget, Kecamatan Wonosobo.

Masjid yang memiliki fasilitas berbeda dengan masjid-masjid pada umumnya ini menarik perhatian banyak orang karena terdapat fasilitas air wudu dengan air hangat.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Lantaran keistimewaannya itulah, banyak wisatawan dari luar kota datang berkunjung untuk beribadah salat maupun sekadar beristirahat setelah berwisata ke Dieng.

Tak hanya air wudunya yang menggunakan air hangat alami, namun di Masjid Jawahirul Akbar ini juga terdapat fasilitas kamar mandi yang bisa digunakan untuk berendam dengan air hangat.

Dilansir dari temanggungkab.go.id, sumber air hangat ini berasal dari sebuah sumur bor yang jaraknya sekitar 1,5 km dari masjid.

Pengeboran tersebut diduga dilakukan pada 2007, di mana saat itu ada perusahaan swasta yang mencari sumber air. Setelah mengebor sumur, baru diketahui ternyata yang keluar adalah air hangat.

Dengan bantuan dari pemerintah, air panas di sumur itu kemudian dialirkan ke masjid menggunakan pipa air. Sebenarnya sebelum pengeboran itu, kawasan sekitar Masjid Jawahirul Akbar sudah terdapat banyak sumber air panas. Sumber yang berskala kecil bahkan bisa dijumpai di area persawahan warga.

Diketahui sumber air panas tersebut memiliki suhu hampir mencapai 70 derajat Celcius. Namun saat dialirkan ke masjid, suhunya berkurang hingga 30 derajat Celcius. Jadi suhunya pas tidak terlalu panas dan masih aman di kulit.

Tak sedikit orang memanfaatkan aktivitas berendam di air hangat ini untuk terapi, khususnya bagi orang yang punya penyakit kulit. Lantaran air hangat di Masjid Jawahirul Akbar mengandung belerang yang baik untuk kesehatan kulit.

Fasilitas tersebut terbuka 24 jam untuk umum. Tak perlu khawatir soal keamanan tempat itu karena akan ada penjaga keamanan yang siap siaga di sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya