SOLOPOS.COM - Pemandangan cantik bentang alam dari Merbabu View & Cafe Getasan, Kabupaten Semarang. (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SEMARANG – Bagi traveler yang hobi kuliner sembari melihat keindahan alam, bisa menjajal menu makanan di Merbabu View & Café.

Tempat ini, menawarkan sejumlah pesona, mulai dari bentuk bangunan yang unik sampai view beberapa gunung, seperti Andong, Sindoro, dan Sumbing. Kafe ini memiliki konsep yang menawarkan view bentangan alam dari ketinggian.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Berlokasi di Kelurahan Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang membuat kafe ini menjadi salah satu pilihan tempat nongkrong bagi pengunjung. Kafe ini memiliki tiga bangunan yang memiliki bentuk segitiga dan bentuk segi lima yang disusun untuk spot foto.

Salah seorang pengelola Merbabu View & Café, Nugroho, mengatakan kafe tersebut merupakan spot yang baru dibangun dan beroperasi sekitar sembilan bulan. Sebelum menjadi kafe, lokasi ini merupakan salah satu spot wisata dengan bahan dasar bangunan bambu. Namun, bangunan tersebut hancur karena diterpa angin kencang.

“Tahun 2019 kena angin dan hancur. Ya sudah, modal semua hilang,” katanya kepada Solopos.com, Minggu (11/6/2023).

Setelah pembangunan, terdapat salah satu bangunan yang khusus digunakan untuk tempat makan indoor. Kafe ini, kata dia, memiliki konsep simpel namun memberikan kenyamanan bagi para pengunjung. Ada banyak aksesori berupa boomerang melengkapi ruangan tersebut.

Ada pula satu bangunan berbentuk segi enam yang disusun seperti sarang lebah. Tempat ini menjadi salah satu spot favorit yang digunakan para pengunjung kafe untuk berswafoto.

Suasana outdoor juga tidak kalah menarik karena pengunjung bisa melihat beberapa gunung, seperti Gunung Andong, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing. Para pengunjung juga dapat berfoto di salah satu spot, termasuk di gardu pandang yang terbuat dari jaring.

“Di sini kebanyakan pengunjung nongkrongnya di outdoor karena bisa sambil foto-foto,” ungkap Nugroho.

Ia mengatakan salah satu niat membangun kafe tersebut yakni ingin memberdayakan masyarakat sekitar. Pemberdayaan itu misalnya bahan makanan berasal dari kebun masyarakat sekitar kafe. Selain itu, karang taruna sekitar dilibatkan untuk menata area parkir jika terjadi overload.

“Ini selain tiga bangunan, kami juga akan menambah bangunan lagi untuk penginapan bagi rombongan keluarga yang berkunjung,” ungkapnya.

Pengunjung Merbabu View & Café ini berasal dari segala umur, namun mayoritas adalah rombongan keluarga. Salah seorang pengunjung, Romi, mengaku baru kali pertama mengunjungi kafe yang berada di kaki Gunung Merbabu ini.

“Kalau cerah pasti bagus ini [pemandangannya]. Saya ke sini, eh malah ada kabut. Jadi ya hanya menikmati makanannya sambal foto-foto,” ungkap warga Semarang tersebut.

Ia mengaku suka dengan tempat yang menawarkan pesona pemandangan alam. Kondisi itu yang membuatnya datang ke kafe ini.

Sebelumnya, ia sudah mencoba beberapa kafe yang menawarkan pemandangan alam. Namun di Merbabu View & Café ia merasa hawa dinginnya berbeda.

“Hawa dingin di sini berbeda rasanya [dengan daerah ketinggian yang lain, seperti di Bandungan]. Mungkin efek sering hujan juga sih,” imbuhnya.

Merbabu View & Café menyediakan menu yang sering dipesan para pengunjung, yaitu berbagai masakan ramen serta hidangan pelengkap, seperti pisang goreng hingga mendoan.

Harganya mulai dari Rp15.000 hingga Rp30.000 per porsi. Kafe ini juga menyediakan paket barbeque yang dibanderol dengan harga Rp250.000 per paketnya.

Para pengunjung yang berniat ke Merbabu View & Café, harus melewati beberapa spot lokasi di kawasan Kopeng. Beberapa spot tersebut seperti Agrowisata Gunungsari Kopeng, Embun Merbabu, Merbabu Park, dan spot wisata lainnya yang juga bisa dikunjungi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya