SOLOPOS.COM - Kereta Api tabrak truk trailer di Kota Semarang, Selasa (18/7/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — PT Kereta Api Indonesia KAI (Persero) membuka peluang menuntut ganti rugi kepada pengguna jasa truk dampak kecelakaan di perlintasan sebidang Jalan Madukoro, Semarang Barat, Selasa (18/7/2023) malam.

Di sisi lain, PT KAI mulai memperkuat konstruksi jembatan rel Kanal Banjir Barat dilokasi tabrakan antara KA Brantas dengan sebuah truk trailer di perlintasan sebidang Jalan Madukoro, Kota Semarang.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Selain memasang dua penyangga di bagian bawah jembatan, petugas PT KAI juga memperbaiki bantalan rel yang ada di atasnya. Di sela-sela perbaikan, sejumlah KA dari arah barat menuju timur tetap bisa melintas dengan kecepatan sangat rendah.

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Ixfan Hendri Wintoko, mengatakan BUMN mengalami sejumlah kerugian akibat kecelakaan tersebut. Hal itu menyusul kerusakan yang terjadi pada lokomotif, rel, serta jembatan.

Tidak menutup kemungkinan, PT KAI menuntut pengguna jasa truk yang terlibat kecelakaan tersebut.

“Tuntutan akan dilayangkan kalau terbukti ada kesalahan sopir,” kata Ixfan Hendri Wintoko seperti dikutip dari Antara, Rabu (19/7/2023).

Kasat Lantas Polrestabes Semarang, AKBP Yunaldi, mengatakan truk yang terlibat kecelakaan rencananya akan mengambil muatan di kawasan Kota Lama Semarang.

“Sopir cari jalan di situ. Rencana mau mengangkut barang di kawasan Kota Lama,” katanya.

Ia menuturkan penyidikan tentang peristiwa kecelakaan tersebut masih dilakukan. Sebagaimana diketahui, Kereta Api Brantas tujuan Jakarta-Blitar menabrak sebuah truk di perlintasan sebidang Jalan Madukoro, Semarang Barat, Selasa (18/7/2023) malam.

KA menabrak bagian kepala truk trailer yang melintas dari arah utara ke selatan. Sempat terjadi ledakan saat lokomotif kereta menabrak kepala truk.

Bagian kepala dan ekor gandengan truk terjepit di mulut jembatan rel jembatan Kanal Banjir Barat Semarang itu.

Sumber: Antara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya