SOLOPOS.COM - Peta pembangunan jalan tol Jogja-Bawen. (Harian Jogja/Abdul Hamid Razak)

Solopos.com, SLEMAN — Kapan pembangunan tol Jogja-Bawen selesai sering dipertanyakan masyarakat luas. Sesuai rencana, Pemerintah Pusat menargetkan pembangunan tol Jogja-Bawen dapat rampung di tahun 2024.

Dilansir dari adhi.co.id, pembangunan jalan Tol Jogja-Bawen direncanakan mencapai 75,82 km. Jalan tol melintasi dua provinsi, yaitu Jawa Tengah (67,05 km) dan DIY (8,77 km).

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Pembuatan jalan tol ini ditangani oleh PT Adhi Karya. Penandatanganan PT Adhi untuk Paket 1 (seksi 1–seksi 6). Proyek ini bernilai Rp5,03 Triliun dengan masa pengerjaan sekitar dua tahun.

Dalam pemberitaan di Solopos.com, Senin (31/10/2022), Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Bawen (JJb), A.J. Dwi Winarsa, pernah menyamapaikan pekerjaan konstruksi jalan tol Jogja-Bawen seksi 1 atau ruas Jogja-Banyurejo ditarget akan rampung pada 2024.

Hal itu sekaligus dapat menjawab pertanyan kapan tol Bawen-Jogja selesai. Progres pembangunan konstruksi di saat itu baru 8,6%.

“Sekarang sedang dikerjakan borepile dan box underpass yang titik-titiknya di Kapanewon Mlati, Seyegan, Tempel,” kata A.J. Dwi Winarsa.

Di kesempatan sebelumnya, Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, pernah menyampaikan Pembangunan jalan tol yang berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta diperkirakan tidak akan rampung pada 2024 seperti yang ditargetkan pemerintah pusat.

Hal itu karena pembebasan lahan di wilayah DIY untuk proyek tersebut membutuhkan proses panjang. Pernyataan tersebut disampaikan Sri Sultan Hamengku Buwono X, Selasa (24/5/2022).

Waktu itu, Sultan memastikan proses pembangunan tol di wilayah DIY dalam hal ini Jogja-Solo, Jogja-Bawen, dan Jogja-YIA terus berlanjut. Akan tetapi ketiga ruas tersebut diperkirakan tidak selesai di 2024 seperti yang ditargetkan Pemerintah Pusat.

“Katanya [pembangunan konstruksi] dilanjutkan, dimulai dari timur dulu [Jogja-Solo], tapi sudah enggak mungkin selesai 2024. Mungkin 2024 baru sampai Prambanan, no problem,” katanya.

Dengan demikian kapan pembangunan tol Jogja-Bawen selesai sebenarnya telah ditarget Pemerintah Pusat di tahun 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya