SOLOPOS.COM - Sejumlah aparat Polres Sukoharjo berada di dekat puluhan jerikan ciu sitaan hasil operasi penyakit masyarakat di Mapolres setempat, Jumat (26/12/2014). (Rudi Hartono/JIBI/Solopos)

Miras Jateng terus diberantas. Pengiriman ciu ke Sukoharjo digagalkan Polrestabes Semarang.

Kanalsemarang.com SEMARANG —Petugas Reserse Narkotika dan Obat Berbahaya (Narkoba) Polrestabes Semarang menggagalkan pengiriman ribuan liter minuman keras ciu dari Sukoharjo.

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Ciu tersebut diangkut menggunakan truk yang hendak didistribusikan ke wilayah Bogor dan Brebes. “Kami mengamankan truk bermuatan sekitar 2.100 liter minuman keras ciu yang dikemas dalam ratusan botol plastik dan jerigen,”Kasat Resnarkoba Polrestabes Semarang AKBP. Eko Hadi Prayitno pada gelar perkara di Mapolrestabes Semarang, Sabtu (2/5/2015).

Terungkapknya kasus itu lanjut Eko, bermula dari kecurigaan petugas dengan truk berpelat nomor  AD 1434 YE yang melintas di Jl. Walisongo, Semarang Barat, pukul 17.00 WIB, Jumat (1/5).

Petugas kemudian menghentikan laju truk yang diketahui dikemudikan Agus Daryanto, 34, warga Cinderejo Lor, Gilingan, Banjarsari, Solo. Ketika polisi mengecek muatan truk  mendapati minuman keras ciu yang dikemas dalam 2.100 botol plastik ukuran 600 mililiter; 348 botol plastik ukuran 1,5 liter; dan 39
jerigen ukuran 25 liter. “Anggota kami hampir  terkecoh, karena ratusan botol plastik berisi ciu tersebut dimasukkan ke dalam kardus dan dibungkus secara rapi,” ungkap Eko.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut, truk beserta sopir dan kernet bernama Riyanto, 27, warga  Boyolali diamankan ke Mapolrestabes. “Sopir dan kernet truk, kami tetapkan sebagai tersangka,” tanda Eko.

Dua tersangka, imbuh Eko dijerat Pasal 26 Peraturan Daerah (Perda) Kota Semarang No 8/ 2009 dengan ancaman tiga bulan penjara dan denda Rp50 juta
Sementara itu, tersangka Agus Daryanto menyatakan  ciu yang dikemas ke dalam botol plastik berasal dari Sukoharjo. “Ciu akan saya dikirim ke Bogor dan Brebes. Namun, keburu tingkap polisi di Semarang,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya