SOLOPOS.COM - Ilustrasi Goa Seplawan, Purworejo. (Instagram @goaseplawanmenawan)

Solopos.com, PURWOREJO — Goa Seplawan merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah (Jateng). Berada di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Goa Seplawan tak hanya menyimpan sederet keindahan alam, tapi juga cerita mistis atau misteri tentang Pantai Selatan.

Dilansir dari berbagai sumber, image Goa Seplawan yang angker saat ini telah mulai berubah. Konsep wisata di gua tersebut coba diubah menjadi lebih bagus menyesuaikan tren masa kini yang lebih instragamble.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Meski demikian, citra Goa Seplawan yang angker tetap sulit ditinggalkan. Konon, sebelum menjadi tempat wisata gua ini dianggap keramat dan angker dengan banyak kelelawar di dalamnya. Penduduk setempat bahkan menangkap kelelawar itu untuk dijual.

Kesan mistis Goa Seplawan ini berkembang dari cerita masyarakat. Konon, Goa Seplawan ini bisa tembus hingga ke pantai selatan. Selain itu, banyak mitos yang beredar bahwa Goa Seplawan merupaakan lokasi pertapaan orang-orang suci, hingga cikal bakal penyebaran agama Islam oleh salah seorang Wali Songo/

Kendati memiliki kesan angker, pengunjung masih banyak yang menikmati keindahan yang ditawarkan Goa Seplawan. Hal itu dikarenakan gua ini memiliki banyak daya tari dari kawasan yang juga menawarkan view taman sangat luas dan instagramable mulai dari penataan tangga warna-warni, jalur trekking, penataan tanaman dan bunga-bungan cantik, hingga gardu pandang dan Puncak Pelawan.

Sementara jika dilihat dari sisi wisata sejarah, objek wisata Goa Seplawan di Purworejo juga banyak ditemukan beberapa hal antara lain Candi Gondoarum, situs sejarah Benda Cagar Budaya (BCB) lingga dan yoni, arca emas Goa Seplawan, atau arca emas Dewa Siwa dan Dewi Parwati. Dan yang paling menarik adalah keberadaan Candi Gondoarum yang diduga umurnya lebih tua dari Candi Borobudur, meskipun yang ada sekarang tidak berbentuk candi pada umumnya, dan hanya berupa bebatuan saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya