SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kawuk (Sumber: Facebook)

Solopos.com, CILACAP — Pulau Nusakambangan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah merupakan wilayah yang masih alami dan menyimpan keanekaragaman hayati, baik flora maupun fauna. Salah satu jenis fauna yang paling banyak mencuri perhatian dan berkembang menjadi mitos di Nusakambangan adalah kawuk.

Konon, kawuk adalah hewan paling buas di Nusakambangan. Menurut warga setempat, hewan ini masih satu kerabat dengan komodo dan biawak. Namun ukuran tubuh kawuk konon lebih besar dan memiliki insting memangsa yang sangat tinggi terhadap manusia.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Terkait asal muasal Kawuk, belum ada sumber dan literasi yang menjelaskan secara terperinci terkait hewan pemangsa manusia tersebut. Begitu juga dengan hasil penelusuran Solopos.com di Internet, tidak banyak artikel yang menjelaskan tentang kawuk.

Baca juga: Asale Kawuk, Pemangsa Mayat Manusia di Nusakambangan

Kebanyakan informasi berisi mitos dan misteri kawuk yang dikenal sebagai hewan pemangsa mayat manusia. Berdasarkan pantauan Solopos.com melalui kanal Youtube, Rabu (5/1/2021), kawuk diperkirakan berasal dari kawasan teluk Solok, daerah Pangandaran, Jawa Barat yang secara administratif masih satu kawasan dengan Pulau Nusakambangan.

Melalui informasi yang didapat dari video tersebut, kawuk dipercaya dapat memangsa siapa pun yang berada di hadapannya. Sementara berdasarkan keterangan warga sekitar, kawuk menyerang target mangsanya dengan posisi berdiri dan teknik penyerangan kawuk ini tidak terkirakan oleh targetnya.

Baca juga: 3 Binatang Buas di Pulau Nusakambangan, Buaya – Kawuk

Kawuk juga memiiki insting penciuman terhadap mayat manusia yang kuat dan konon, kawuk juga memangsa mayat manusia. Oleh sebab itu, banyak orang meyakini kawuk berkeliaran di sekitar lapas Nusakambangan yang disebut sebagai penjaga.

Keberadaan kawuk ini diyakini menjadi salah satu penyebab para napi tidak bisa dengan mudah kabur dari lapas di pulau terluar itu. Mitos kawuk yang suka memakan mayat manusia ini paling santer terdengar oleh kalangan masyarakat setempat. Hal ini membuat mereka tidak berani menyimpan mayat di rumah karena takut bakal diserang segerombolan kawuk yang datang di malam hari.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Rachel/Lanny Genapkan Kemenangan Tim Uber Indonesia 5-0 atas Uganda

Rachel/Lanny Genapkan Kemenangan Tim Uber Indonesia 5-0 atas Uganda
author
Newswire , 
Abu Nadzib Senin, 29 April 2024 - 20:04 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ganda putri Rachel Allessya Rose/Lanny Tria Mayasari menyempurnakan kemenangan Indonesia atas Uganda menjadi 5-0 pada fase grup Piala Uber 2024, Senin (29/4/2024).

Solopos.com, CHENGDU — Ganda putri Rachel Allessya Rose/Lanny Tria Mayasari menyempurnakan kemenangan Indonesia atas Uganda menjadi 5-0 pada fase grup Piala Uber 2024, Senin (29/4/2024).

Tim Uber Indonesia lolos ke perempatfinal dalam turnamen yang digelar di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China itu.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Rachel/Lanny mengalahkan pasangan muda Uganda Fadilah Shamika Mohamed Rafi/Tracy Naluwooza dengan 21-6, 21-8 dalam tempo 20 menit.

Rachel/Lanny mengaku keduanya beradaptasi dengan baik walau dalam formasi baru, karena mereka sering bermain dan berlatih bersama.

Koran Solopos

“Alhamdulillah bisa memenangi laga hari ini. Untuk chemistry dengan Rachel, kita sudah sering latihan bareng, di luar lapangan juga dekat. Jadi tidak susah membangun chemistry-nya di lapangan,” kata Lanny seusai pertandingan, seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Mengenai alasan mereka dipasangkan, Lanny dan Rachel mengungkapkan hal ini karena rekan-rekan mereka, Meilysa Trias Puspitasari dan Ribka Sugiarto, tengah dalam masa pemulihan kondisi fisik.

“Mungkin karena pasangan kita lagi ‘direparasi’, jadi kita yang ada,” kata Rachel.

Emagazine Solopos

Meskipun Indonesia sudah memastikan tempat perempat final Piala Uber 2024, baik Rachel maupun Lanny tidak ingin kehilangan fokus dan semangat bertanding menjelang laga terakhir melawan Jepang pada Rabu (1/5/2024).

“Kita siap saja, siapa yang nanti diturunkan. Itu (lawan) senior semua, mainnya bagus banget, dan kita mau main nothing to lose saja,” ujar Rachel.

sebelumnya, ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti menggenapkan keunggulan Indonesia atas Uganda menjadi 4-0.

Interaktif Solopos

Mereka mengalahkan Husina Kobugabe/Gladys Mbabazi dengan 21-9, 21-11 dalam tempo 21 menit.

“Saya cukup senang bisa kembali ke lapangan lagi di Thomas-Uber yang diadakan menjelang Olimpiade. Sekiranya ini menjadi motivasi buat saya dan Fadia,” kata Apri setelah pertandingan.

Apri/Fadia terlihat bermain santai tapi tetap melancarkan serangan-serangan yang efektif mengatasi lawan.



Pemain tunggal putri Ruzana yang melakukan debut Piala Uber memastikan tempat Indonesia dalam perempat final Piala Uber 2024 setelah menang 21-10, 21-12 atas Tracy Naluwooza.

Dalam pertandingan di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China itu Ruzana menang dalam tempo 21 menit.

Ruzana tidak bisa menutupi rasa bahagianya setelah menjadi bagian dari tim yang lolos ke perempatfinal Piala Uber.

“Senang bisa masuk ke dalam skuad Uber Indonesia. Pastinya sempat tegang karena pertama kali, dan ini adalah event beregu yang sangat besar. Tapi saya senang dan bersyukur karena dari sebelumnya saya tidak expect bisa masuk. Dan saat saya benar-benar masuk tim, rasanya sangat bersyukur,” ujar Ruzana kepada wartawan setelah pertandingan, seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Bagi Ruzana, debut Piala Uber memberinya banyak pengalaman dan kepercayaan diri dalam melakoni berbagai kejuaraan level selanjutnya.

Indonesia masih menyisakan dua laga lagi, yakni ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Rachel Allessya Rose/Lanny Tria Mayasari, yang akan menghadapi Husina Kobugabe/Gladys Mbabazi dan Fadilah Shamika Mohamed Rafi/Tracy Naluwooza.

Dua angka sebelumnya dipersembahkan Ester Nurumi Tri Wardoyo yang menaklukkan Husina Kobugabe dan Komang Ayu Cahya Dewi yang mengalahkan Gladys Mbabazi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Jokowi Nobar Piala Asia 2024 bareng Menteri & Relawan

Jokowi Nobar Piala Asia 2024 bareng Menteri & Relawan
author
Newswire , 
Chelin Indra Sushmita Senin, 29 April 2024 - 20:02 WIB
share
SOLOPOS.COM - Timnas U-23 Indonesia menghadapi Uzbekistan pada babak semifinal Piala Asia U-23, Senin (29/4/2024) malam. (Istimiewa/PSSI)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar nonton bareng (nobar) laga semifinal Piala Asia U-23 2024 antara Indonesia dan Uzbekistan bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) dan relawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (29/4/2024) malam.

Kabar itu disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi setiba memenuhi undangan nobar di Istana Kepresidenan Jakarta.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

“Ya, Pak Presiden mengundang kami semua untuk hadir menyaksikan nobar semifinal AFC U23 Indonesia melawan Uzbekistan,” kata Budi sebagaimana dilansir Antara.

Ketua Umum relawan Pro-Jokowi (Projo) itu juga menyebutkan undangan disampaikan kepada sekitar sepuluh menteri KIM dan sejumlah perwakilan relawan Jokowi.

Koran Solopos

Menteri yang diundang di antaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR Masuki Hadimuljoyo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subianto.

“Pak Prabowo tidak. Ada jadwal mungkin,” kata dia saat ditanya apakah presiden terpilih itu akan mengikuti nobar tersebut.

Secara terpisah, Ketua Umum Jokowi Mania yang kini berubah menjadi Prabowo Mania 08, Immanuel Ebenezer, memastikan hadir memenuhi undangan nobar di Istana Kepresidenan Jakarta malam ini.

Emagazine Solopos

“Aku diundang dan hadir,” katanya kepada wartawan.

Saat ditanya apakah undangan itu juga melibatkan komunitas relawan lain? Pria yang karib disapa Bang Noel itu menyebut belum ada konfirmasi lebih lanjut selain undangan nobar.

“Nobar saja kayanya sih,” kata dia.

Interaktif Solopos



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Anime "Hunter x Hunter" bakal Dibikin Game Fighting

Anime "Hunter x Hunter" bakal Dibikin Game Fighting
author
Newswire , 
Akhmad Ludiyanto Senin, 29 April 2024 - 20:01 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi gim "Hunter x Hunter: Nen x Impact" yang akan rilis di konsol PlayStation 5, Nintendo Switch, dan PC. (Antara/Hunter x Hunter: Nen x Impact Official Website)

Solopos.com, JAKARTA – Solopos.com, JAKARTA – Anime “Hunter x Hunter” bakal dibikin game. Game fighting bertajuk “Hunter x Hunter: Nen x Impact” yang diadaptasi dari anime “Hunter x Hunter” merilis video cuplikan game di kanal YouTube tim e-sport dari Jepang CAG Osaka.

Menurut laporan IGN, Sabtu (27/4/2024), game yang dikembangkan oleh Eighting itu mengusung konsep permainan fighting 3V3 yang dikemas dengan format animasi pertarungan 2D.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

“Hunter x Hunter: Nen x Impact” akan menghadirkan 16 karakter yang bisa dimainkan dimana saat ini baru 6 karakter yang telah dibocorkan.

Koran Solopos

Dalam game ini, pemain dapat memainkan karakter-karakter ikonik dari serial manga “Hunter x Hunter” di antaranya Gon, Killua, Leorio, Hisoka, hingga Netero. Menurut Siliconera, versi demo dari game ini dapat dimainkan pada ajang EVO Japan 2024.

Berdasarkan video cuplikan permainan yang beredar, game “Hunter x Hunter: Nen x Impact” memiliki kemiripan gameplay dengan “Ultimate Marvel vs Capcom 3” yang juga dikembangkan oleh Eighting. Salah satu kemiripannya terletak pada fitur mekanik Over Gear yang serupa dengan X-Factor.

Baik Over Gear maupun X-Factor berguna untuk meningkatkan kekuatan dan kecepatan serangan karakter berdasarkan jumlah rekan satu tim yang tersisa. Makin sedikit rekan yang masih hidup, peningkatan kekuatan dan kecepatan karakter akan semakin besar.

Emagazine Solopos

Seperti game dengan konsep pertarungan 3 lawan 3 lainnya, “Hunter x Hunter: Nen x Impact” memungkinkan pemain untuk menukar karakter dan memanggil bantuan rekan satu tim di tengah pertarungan.

Meskipun belum mengumumkan tanggal perilisannya, yang pasti game “Hunter x Hunter: Nen x Impact” akan dirilis untuk konsol PlayStation 5, Nintendo Switch, dan PC.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories