SOLOPOS.COM - Ilustrasi pohon Randu Jajar di Pemalang, Jateng. (Instagram)

Solopos.com, PEMALANG – Pemalang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah (Jateng) yang memiliki banyak kisah misteri. Salah satu kisah misteri di Pemalang, Jateng, itu tentang keberadaan sebuah pohon raksasa yang berdiri berjajar atau dikenal dengan nama pohon Randu Jajar.

Pohon Randu Jajar sudah tidak asing bagi masyarakat Pemalang dan sekitarnya. Dua pohon randu berukuran besar ini mengapit Jalan Raya Randudongkal-Belik, atau arah menuju Kabupaten Purbalingga, tepatnya di Desa Sikasur, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang.

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

Keberadaan kedua pohon randu ini pun terlihat seperti sebuah pintu gerbang. Bahkan, atas dasar itu pulalah masyarakat sekitar percaya jika pohon Randu Jajar ini merupakan pintu gerbang ke dunia gaib atau bagi mahkluk gaib.

Dilansir dari berbagai sumber, konon dua pohon randu raksasa ini merupakan jelmaan sepasang laki-laki dan perempuan. Pohon ini juga diyakini sudah berusia ratusan tahun dengan tinggi mencapai 40 meter lebih, dengan diameter berkisar 8-10 orang dewasa bergandengan tangan membuat lingkaran.

Salah satu pohon randu memiliki lubang atau rongga seperti gua yang menjulang ke atas, mencapai ketinggian sekitar 5 meter, dan muat untuk menampung 8 hingga 10 orang.

Dari cerita yang beredar di tengah masyarakat, saat terjadi kecelakaan di sekitar lokasi, maka kerap dikaitkan dengan dua pohon randu itu. Sering juga terdapat orang yang melakukan semedi atau berbagai ritual di sekitar Randu Jajar, Pemalang ini. Namun tujuan dari kegiatan tersebut tidak diketahui secara pasti.

Pohon Randu Jajar dianggap keramat karena dipercaya sebagai pintu gerbang alam gaib. Beberapa tahun lalu, sebuah kejadian aneh terjadi pada malam hari, ketika sekelompok dosen senior dari Purwokerto memotret pohon randu tersebut. Setelah melihat hasil fotonya, mereka terkejut karena terdapat penampakan ular raksasa dan bola api.

Mitos seputar Randu Jajar di Pemalang ini juga menciptakan aura misteri dan daya tarik bagi masyarakat setempat maupun wisatawan. Keberadaan lubang raksasa dan berbagai cerita mistis yang mengitarinya membuat pohon tersebut memiliki pesona yang unik.

Meskipun beberapa cerita yang terkait dengan pohon randu ini sulit untuk dipercaya secara rasional. Tapi tidak sedikit orang yang mempercayai mitos tersebut, sehingga menjadikan banyak orang penasaran dan akan mengunjungi Kabupaten Pemalang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya