SOLOPOS.COM - Pantai Jodo Batang, Jawa Tengah. (Istimewa/Instagram @ahmad_sjarif)

Solopos.com, BATANG — Kabupaten Batang dikenal dengan wisata pantai yang unik dan menawan. Salah satu pantai yang populer di Batang yaitu Pantai Jodo.

Namanya mungkin tak asing didengar masyarakat umum karena di beberapa daerah juga memiliki nama yang serupa. Meskipun begitu, masing-masing memiliki ciri khasnya sendiri.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Pantai Jodo Batang dikenal karena berada di satu kawasan dengan bukit cinta yang menghadap ke laut dan dekat dengan rel kereta api. Destinasi wisata pantai ini terletak di sebelah Timur Kota Batang, dimana lokasinya dekat perbatasan antara kota Kendal.

Pantai Jodo berada di Jl. Sidorejo, Desa Sidorejo, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah. Jalan menuju ke Pantai Jodo Batang juga mudah diakses kendaraan roda dua maupun roda empat.

Dari alun-alun Kabupaten Batang berjarak sekitar 56 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Pantai Jodo merupakan salah satu pantai utara yang cantik pemandangannya. Ombaknya tidak terlalu besar sehingga Pantai Jodo sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga.

Setelah masuk pintu masuk utama, Anda akan disambut pemandangan yang memukau dan tidak ada duanya. Hamparan pasir halus berwarna cokelat cerah akan menambah kesan cantik pantai ini.

Selain itu, di pinggiran pantai terdapat banyak pepohonan cemara yang akan membuat nyaman suasana saat berkunjung.

Di kawasan Pantai Jodo ini Anda akan menemukan pemandangan yang unik dan menakjubkan. Ya, Anda dapat melihat kereta api yang beroperasi melewati kawasan tersebut persis berada di dekat bibir pantai.

Tepatnya di bukit Cinta, di mana Anda dapat melihat dengan jelas momen menakjubkan ini ditemani dengan pemandangan Pantai Jodo yang tak kalah menawannya jika dilihat dari kejauhan. Sudah pasti Anda akan dibuat betah oleh keindahannya.

Menurut Mitos yang berkembang di masyarakat, konon katanya bagi mereka yang belum punya pasangan jika mengunjungi Pantai Jodo bisa dimudahkan mendapatkan pasangan.

Misalnya, terdapat 3 orang yang terdiri dari 2 perempuan dan 1 laki-laki melakukan foto, maupun sebaliknya. Konon, 2 orang tersebut (perempuan dan laki-laki) biasanya akan berjodoh.

Begitu pula dengan sesama jenis yang berfoto di lokasi pantai tersebut, maka pertemanan atau persahabatan mereka akan kekal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya