SOLOPOS.COM - Sendang Mawar di kompleks Goa Jatijajar, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Jateng). (https://jatijajar.kec-ayah.kebumenkab.go.id)

Solopos.com, KEBUMEN — Gua Jatijajar yang dipopuler dengan sebutan Goa Jatijajar selama ini dikenal sebagai salah satu objek wisata unggulan di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Jateng). Namun, ternyata Goa Jatijajar juga memiliki sederet mitos, tak terkecuali dengan adanya sumber mata air yang dikenal sebagai Sendang Kantil dan Sendang Mawar di lokasi tersebut.

Dikutip dari laman jatijajar.kec-ayah.kebumenkab.go.id, Rabu (26/7/2022), Sendang Kantil dan Sendang Mawar merupakan dua dari tujuh sendang yang ada di sekitar lokasi Gua atau Goa Jatijajar. Kendati demikian, dari tujuh sendang itu hanya empat yang bisa diakses wisatawan yakni Sendang Kantil, Sendang Mawar, Sendang Puser Bumi, dan Sendang Jombor.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Sedangkan dari keempat sendang di Gua atau Goa Jatijajar Kebumen itu hanya dua yang cukup populer di kalangan masyarakat, yakni Sendang Kantil dan Sendang Mawar. Hal ini dikarenakan kedua sendang atau sumber air itu bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat atau wisatawan yang berkunjung di gua yang ditemukan pada tahun 1802 itu.

Sendang Kantil dan Sendang Mawar di kawasan Gua Jatijajar Kebumen ini pun memiliki sederet mitos yang hingga kini dipercaya masyarakat. Konon, jika mandi atau cuci muka dengan air dari Sendang Kantil ini, segala hajat maupun cita-cita yang diinginkan bisa tercapai.

Sendang Kantil ini juga terdapat patung seorang perempuan yang tampak sedang berdoa di tengah kolamnya. Patung perempuan itu pun menambah kesan mistis Sendang Kantil yang ada di kawasan Gua atau Goa Jatijajar Kebumen.

Baca juga: Goa Jatijajar, Wisata Hits Kebumen Sejak Era Kolonial

Sementara itu, Sendang Mawar memiliki pemandangan warna kemerah-merahan pada air kolamnya seperti warna bunga Mawar. Mitosnya, siapa saja yang mandi atau mengambil air dari Sendang Mawar ini akan terlihat awet muda.

Selain Sendang Kantil dan Sendang Mawar, dua sendang lainnya di Gua atau Goa Jatijajar Kebumen yakni Sendang Paser Bumi dan Sendang Jombor juga memiliki mitos yang tak kalah populer. Konon, siapa pun yang mandi di Sendang Puser Bumi dan Sendang Jombor akan dimudahkan segala urusannya.

Mitos yang menyelimuti Sendang Kantil dan Sendang Mawar di Gua Jatijajar kebumen ini pun banyak yang mempercayainya. Namun ada pula masyarakat yang beranggapan jika mitos itu hanya cerita belaka.

Baca juga: Mengenal Klampis Ireng, Kerajaan Gaib di Ponorogo yang Penuh Misteri

Namun, terlepas dari kepercayaan masyarakat, cerita mitos terkait dua sendang di Gua atau Goa Jatijajar Kebumen itu sudah berkembang selama puluhan tahun. Bahkan, saat ini masih banyak masyarakat yang mempercayai mitos tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya