SOLOPOS.COM - Tim robotik dari MTs NU Banat Kudus meraih medali perunggu di Kontes Robot Nusantara (KRON) Asian Robotic Competition for Primary and Secondary Schools, di Tangerang. (Istimewa)

Solopos.com, KUDUS — Tim robotik MTs NU Banat Kudus berhasil meraih medali perunggu di ajang Kontes Robot Nusantara (KRON) Asian Robotic Competition for Primary and Secondary Schools yang digelar di Binus School, Serpong, Tangerang, Banten, pada Minggu (29/10/2023) lalu.

Tim robotik MTs NU Banat beranggotakan Aisha Kamila Gussaldy, Aulia Mazidatul Ilmi, dan Atarizki Fitriani. Mereka mengusung robot pengangkut sampah yang ada di permukaan air dengan nama TR-X1 (Trash Robot-X1). Robot itu dikendalikan dengan remote khusus yang telah dirancang timnya.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Aisha, ketua tim, mengatakan bahwa robot TR-X1 sempat mengalami kegagalan saat uji coba karena tenggelam. Timnya kemudian berinisiatif membuat keseimbangan dengan tiga botol sebagai pelampung robot.

“Alhamdulillah karena kerja keras kami secara tim akhirnya robot kami bisa meyakinkan juri dan mendapatkan medali perunggu,” kata Aisha dalam rilis yang diterima Solopos.com, Sabtu (4/11/2023).

Prestasi ini diraih setelah persiapan yang relatif singkat karena banyak kegiatan sekolah yang bersamaan. Aisha bersama timnya harus mempersiapkan robotnya di luar jam sekolah, sampai sore hari, bahkan sampai malam.

Kepala MTs NU Banat Kudus, Nor Khusomah, mengungkapkan rasa syukur atas raihan prestasi siswa-siswanya. Pihaknya berupaya menumbuhkembangkan bakat dan minat siswa melalui kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

“Kami merasa bersyukur tim robotik kami bisa meraih medali perunggu di ajang bergengsi KRON yang diadakan di Binus School Tangerang kali ini. Semoga prestasi ini bisa menginspirasi siswa, guru, maupun warga madrasah yang lain,” kata Khusomah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya