SOLOPOS.COM - ilustrasi penumpang KM Tidar di Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon, Maluku. (JIBI/Solopos/Antara/Izaac Mulyawan)

Mudik Lebaran 2015 di Tanjung Emas diprediksi turun dibandingkatn tahun sebelumnya.

Kanalsemarang.com, SEMARANG — PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) memperkirakan jumlah penumpang selama musim arus mudik-balik Lebaran 2015 di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah mengalami penurunan hingga 10%.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

General Manager Pelindo III cabang Tanjung Emas Tri Suhardi menuturkan dalam beberapa tahun terakhir tren penurunan jumlah penumpang saat arus mudik-balik Lebaran terjadi di pelabuhan utama di Jawa Tengah tersebut.

Pada 2014, jelasnya, arus penumpang selama periode tersebut mencapai 99.689 orang, menurun 9,76% dari tahun sebelumnya, yakni 109.415 orang. Kondisi serupa dinilai terjadi pada arus mudik-balik pada tahun ini.

Pihaknya memperkirakan jumlah penumpang hanya mencapai 90.717 orang ataun turun sekitar 10% dibandingkan pada Lebaran 2014. “Pada 2015 [penumpang] tidak akan sebanyak 2014, estimasinya 90.000-an,” ungkapnya Kamis (25/6) malam.

Mulai H-14
Tri menuturkan perkiraan jumlah penumpang tersebut akan terjadi pada H-14 hingga H+14. Sedangkan, lonjakan jumlah pemudik yang memanfaatkan moda angkutan laut diprediksi terjadi pada H-2 Lebaran.

Untuk itu, dia menjelaskan pada H-15 Pelindo III Pelabuhan Tanjung Emas bersama seluruh pihak terkait di pelabuhan akan membentuk sejumlah pos komando teknis untuk memastikan kelancaran dan keamanan pelayanan.

“Kami membentuk poskotis, bersama seluruh stakeholder pelabuhan, seperti Kepolisian dan KPLP [Kesatua Penjagaan Laut dan Pantai]. Kami sudah membuat satu sistem pelayanan pelabuhan,” ujarnya.

Di samping itu, Tri mengatakan pihaknya juga akan menyediakan fasilitas tambahan berupa bus gratis bagi pemudik yang turun di Pelabuhan Tanjung Emas. Program BUMN peduli arus mudik-balik bertajuk Pulang Senang Berangkat Senang tersebut menghadirkan enam bus yang menjadi angkutan lanjutan menuju empat rute berbeda.

Disediakan Bus
Tri menjelaskan dua unit bus akan disediakan untuk rute timur, yakni menuju Demak, Pati dan Kudus. Masing-masing sebuah bus untuk rute barat, yaitu ke Kendal, Pekalongan dan Pemalang, serta rute selatan atau menuju ke Tamanggung dan Wonosobo. “Dua bus untuk rute selatan 2, yakni Solo dan Yogyakarta,” jelas Tri.

Manager SDM dan Umum Pelindo III Tanjung Emas Nugroho Cristianto mengatakan keenam bus tersebut setiap harinya akan berangkat satu kali menuju empat rute tersebut. Layanan itu, sambungnya, akan diberikan sejak H-7 hingga H+1 Lebaran 2015.

“Para pemudik gratis tersebut nantinya akan didata sejak pelabuhan asal, sehingga nanti bisa langsung melanjutkan perjalanan ketika tiba di Tanjung Emas,” ujar Nugroho.

Sementara itu, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Jateng sebelumnya memprediksi jumlah penumpang pada angkutan Lebaran 2015 yang melalui moda transportasi laut meningkat hingga 9,5%, yakni menjadi 27.824 orang dari 25.410 pada 2014. Adapun, selain Tanjung Emas, Semarang, pelabuhan lain yang melayani angkutan penumpang di Jateng adalah Pelabuhan Tanjung Intan, Cilacap.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya