SOLOPOS.COM - Situasi di kawasan Tol Semarang-Solo, Boyolali, Selasa (18/4/2023) sore. (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SEMARANG – Tol Semarang-Solo menjadi salah satu ruas tol yang cukup padat ketika mudik Lebaran 2023. Apalagi di Tol Semarang-Solo ini memiliki pemandangan yang memanjakan mata, salah satunya jembatan terpanjang di Jawa Tengah (Jateng).

Ruas Tol Semarang-Solo tak luput dari keramaian saat mudik Lebaran 2023. Bahkan, pemerintah menerapkan sistem one way di ruas tol tersebut hingga Gerbang Tol Bawen.

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

Sementara itu, jembatan terpanjang di Jateng terletak di KM 440, Bawen, Kabupaten Semarang. Jembatan yang dikenal dengan Jembatan Lemah Ireng ini mempunyai panjang sekitar 879 meter atau hampir 1 km.

Uniknya, bukan hanya terpanjang di Jawa Tengah, Jembatan Lemah Ireng juga menjadi jembatan terpanjang yang ada di ruas Tol Trans Jawa.

Jembatan Lemah Ireng jembatan terpanjang di jawa tengah
Jembatan Lemah Ireng di ruas Tol Solo-Semarang. (transmargajateng.co.id)

Dari Jembatan Lemah Ireng ini ketika lewat Tol Semarang-Solo untuk mudik Lebaran 2023, kamu bisa melihat hamparan sawah, pepohonan rindan yang hijau hingga gunung yang menjulang tinggi.

Nama dari jembatan ini diambil dari sebuah desa yang ada di Bawen, yakni Lemahireng. Secara geografis, Lemahireng berada di area perbukitan dan membentan sawah, ladang. Untuk bagian utaranya dibatasi oleh perbukitan perkebunan karet. Suasana pedesaan nan sejuk dan jauh dari polusi udara begitu kental di desa ini.

Selain jembatan terpanjang di Jateng, di ruas Tol Semarang-Solo ini terdapat rest area terbaik yang ditetapkan oleh Kementerian PUPR pada 2019 lalu.

Rest area tersebut terletak di KM 429. Dari sini, kamu bisa melihat pemandangan Gunung Ungaran yang terlihat gagah. Selain itu, Banyak fasilitas di rest area satu ini, seperti masjid besar dengan kubah modern berwarna merah yang dihiasi corak kuning keemasan serta studio mini yang jadi pusat informasi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya