SOLOPOS.COM - Ilustrasi hujan. (freepik)

Solopos.com, SEMARANG — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Jawa Tengah (Jateng) memprakirakan musim hujan di Jawa Tengah (Jateng) akan tiba lebih cepat pada tahun ini. Musim hujan yang pada umumnya diprakirakan terjadi pada Oktober akan tiba pada bulan September ini.

“Awal musim hujan 2022/2023 diprakirkan maju atau lebih cepat satu hingga tida dasarian dari [waktu] normalnya,” ujar Kepala Stasiun Klimatologi Jateng, Sukasno, dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Jumat (2/9/2022).

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Sukasno menambahkan awal musim hujan 2022/2023 di wilayah Jateng pada umumnya terjadi pada bulan Oktober 2022. Meski demikian, BMKG memprakirakan awal musim hujan di Jateng tiba lebih cepat pada dasarian pertama atau awal September.

Sejumlah daerah di Jateng yang diprakirakan mengalami musim hujan lebih cepat atau awal September ini antara lain Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo bagian utara, sebagian wilayah selatan Kabupaten Tegal, Pemalang, dan Pekalongan.

“Sedangkan awal musim hujan 2022/2023 paling akhir terjadi pada November dasarian kedua [pertengahan November]. Sejumlah daerah yang mengalami musim hujan paling akhir adala sebagian wilayah Kabupaten Pati dan wilayah timur Kabupaten Rembang,” ujarnya.

Baca juga: Awal Musim Hujan di Indonesia Tidak Serentak

Sukasno mengatakan sifat periode musim hujan 2022/2023 umumnya diprakirakan normal atau tidak terjadi cuaca ekstrem. Sedangkan puncak musim hujan diprakirakan terjadi pada bulan Januari dan Februari 2022.

Sementara periode musim hujan paling pendek diprakirakan terjadi selama 14 dasarian atau 4,5 bulan yang meliputi wilayah Rembang bagian timur. Sedangkan musim hujan terpanjang, sekitar 27 dasarian atau 9 bulan terjadi di sejumlah wilayah selatan Kabupaten Cilacap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya