SOLOPOS.COM - Petugas pemadam kebakaran (Damkar) Semarang tengah memadamkan api yang menjalar ke rumah warga pada Kamis (27/4/2023) lalu. (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Solopos.com, SEMARANG — Angka kebakaran di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), meningkat seiring masuknya musim kemarau. Tercatat saat Juni 2023, sudah ada sebanyak tujuh kejadian kebakaran di Kota Lumpia.

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang, Adhy Yulianto, mengatakan pihaknya hanya menangani empat kejadian kebakaran selama Mei 2023. Sedangkan pada Juni ini, sudah ada tujuh kejadian kebakaran.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

“Benar ada kenaikan kejadian kebakaran. Kondisi cuaca yang tidak menentu menjadi salah satu penyebab suhu udara menjadi naik [risiko terjadinya kebakaran di lahan kosong/pekarangan/hutan lebih tinggi],” kata Adhy kepada Solopos.com, Selasa (27/6/2023).

Adhy menyampaikan jika banyaknya kejadian kebakaran belakangan ini disebabkan dari human error. Penilaian itu dengan melihat tujuh laporan kebakaran yang telah masuk ke BPBD Kota Semarang.

Sebagai upaya antisipasi terjadinya kebakaran, BPBD Kota Semarang mengaku telah menggencarkan sosialisasi ke masyarakat dan langsung turun menjangkau tiap lapisan masyarakat. Personel BPBD memberikan praktik secara langsung mengenai tindakan dan penanganan darurat kebakaran ke masyarakat.

“Kami selalu memberikan sosialisasi untuk mencegah dan penanganan pertama. Bila terjadi kebakaran, kami juga selalu berkoordinasi dengan pemadam kebakaran. Sosialisasi tidak hanya berupa materi, tapi praktik juga. Sehingga masyarakat bisa mamahami dan mengerti akan tindakan yang harus dilakukan,” akunya.

Berikut tujuh kejadian kebakaran yang terjadi di Kota Semarang sepanjang Juni 2023 :

1. Kebakaran di tempat usaha bengkel di Srondol Wetan, Banyumanik, 8 Juni 2023.

2. Kebakaran di dapur rumah warga Jabungan, Banyumanik, 10 Juni 2023.

3. Kebakaran di tempat indekos Wonotinggal, Candisari, 10 Juni 2023.

4. Kebakaran di dapur rumah warga Sumurboto, Banyumanik, 14 Juni 2023.

5. Kebakaran rumah di Jangli, Tembalang, 16 Juni 2023.

6. Kebakaran lahan kosong di Pedurungan Tengah, Pedurungan, 16 Juni 2023.

7. Kebakaran material kayu bahan bangunan rumah di Banyumanik, Banyumanik, 18 Juni 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya