SOLOPOS.COM - Nafa Urbach (Instagram @nafaurbach)

Solopos.com, SEMARANG — Artis Nafa Urbach berpotensi menjadi satu-satunya artis yang berpotensi lolos ke Senayan atau meraih kursi DPR RI dari Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Hal itu menyusul raihan suara Nafa Urbach yang tergolong tinggi di daerah pemilihannya, yakni Dapil Jawa Tengah (Jateng) VI.

Dilansir dari laman pemilu2024.kpu.go.id, hingga Senin (19/2/2024), Nafa Urbach cukup sukses mendulang suara. Artis yang maju sebagai caleg Partai Nasdem itu hingga kini sudah meraih 46.723 suara.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Raihan suara Nafa Urbach ini bahkan yang tertinggi di antara caleg lain dari Partai Nasdem yang maju dalam kontestasi Pileg DPR RI Jateng dari Dapil VI yang meliputi wilayah Purworejo, Wonosobo, Magelang, Temanggung, dan Kota Magelang. Artis berusia 43 tahun itu bahkan mampu mengungguli politikus senior Nasdem dan mantan Bupati Purworejo, Agus Bastian, yang baru mengumpulkan 18.242 suara.

Partai Nasdem sendiri saat ini telah mengumpulkan 96.565 suara sah di Dapil Jateng VI. Jumlah suara itu berdasarkan hasil real count KPU yang telah mencakup 78,47 persen atau 10.487 TPS dari 13.364 TPS yang ada di wilayah Dapil Jateng VI.

Perolehan suara Partai Nasdem itu berada di urutan keenam di bawah PDIP yang menempati urutan teratas dengan 460.883 suara. Disusul PKB di urutan kedua dengan 273.846 suara, Gerindra dengan 149.831 suara, Golkar 138.243 suara, dan Demokrat di urutan kelima dengan 102.753 suara.

Sainte Lague

Mengacu PKPU No. 6 Tahun 2023, Dapil Jateng VI akan mendapat jatah 8 kursi di DPR RI pada Pemilu 2024 ini. Jika mengacu hasil perhitungan suara saat ini, maka Partai Nasdem pun dipastikan akan mendapat jatah satu kursi di DPR RI dari Dapil VI.

Alokasi kursi DPR RI pada Pemilu 2024 akan metode Sainte Lague, di mana suara sah setiap partai politik yang memenuhi ambang batas perolehan suara atau parliamentary threshold yakni 4%, dibagi dengan bilangan pembagi 1 dan diikuti secara berurutan oleh bilangan ganjil 3,5,7, dan seterusnya.

Pertama-tama, setiap partai yang lolos ambang batas akan dibagi 1 untuk mendapatkan jatah kursi pertama. Setelah itu, partai yang sudah mendapat satu kursi dibagi dengan bilangan 3 dan seterusnya.

Jika menggunakan hitungan-hitungan itu, maka PDIP sebagai pemilik suara tertinggi berpeluang mendapat jatah 3 kursi. Sementara partai seperti PKB, Gerindra, Golkar, Demokrat, dan Nasdem, mendapat jatah 1 kursi.

Jatah 1 kursi Nasdem ini pun berpeluang menjadi milik Nafa Urbach. Hal ini menyusul raihan suara artis berusia 43 tahun itu yang tertinggi di antara caleg Nasdem lainnya di Dapil Jateng VI.

Sementara itu, kans caleg artis lainnya yang berkontestasi di Jateng untuk lolos DPR RI cukup tipis. Hal ini karena perolehan suaranya yang tidak terlalu mencolok, sebut saja Narji yang diusung PKS di Dapil Jateng X. Komedian personel grup lawak Cagur ini baru mengumpulkan 10.225 suara, kalah dari caleg lain PKS yang bertarung di Dapil Jateng X, Rizal Bawazier, yang meraih 24.453 suara.

Kemudian Jamal Mirdad yang diusung Partai Gerindra yang baru mengumpulkan 10.527 suara di Dapil Jateng I dan pedangdut, Annisa Bahar, dari Partai Nasdem yang baru meraih 6.775 suara di Dapil Jateng IX.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya