SOLOPOS.COM - olonel Hariyono Masturi saat melihat Bazaar UMKM UKSW di GOR PPLP Sepak Takraw Tegalrejo Salatiga, Minggu (21/4/2024). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA – Pascagelaran pemilihan presiden dan pemilihan legislatif 2024 berbagai daerah bersiap menyambut pesta demokrasi Pilkada 2024, satu di antaranya Kota Salatiga, Jawa Tengah. Sejumlah nama digadang-gadang bakal maju dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Salatiga. Salah satunya dari unsur militer ada nama putra asal Salatiga, Kolonel Hariyono Masturi.

Hariyono mengatakan, terkait namanya yang masuk dalam bursa Pilwakot Salatiga, dirinya mengaku telah melakukan sejumlah persiapan termasuk mengambil opsi pensiun dini dari TNI AL.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

“Yang pasti, saya siap pensiun dini soal itu. Tapi, ini butuh proses, butuh waktu ini yang perlu dipahami. Adapun motivasi ikut kontestasi Pilkada karena ingin berkontribusi ke masyarakat,” terangnya saat melihat Bazaar UMKM UKSW di GOR PPLP Sepak Takraw Tegalrejo Salatiga, Minggu (21/4/2024).

Diakuinya, saat ini dirinya masih aktif sebagai anggota TNI AL sehingga tidak boleh menjadi anggota partai politik yang dilakukan sebatas menjaga komunikasi. Ia menyebutkan, proses pensiun dini ditempuh karena peraturan perundang-undangan tentang Pemilu tidak mengizinkan anggota TNI aktif turut serta dalam Pilkada.

“Namun, komunikasi dengan partai politik tentu sudah. Tapi, belum waktunya sekarang saya sampaikan itu. Termasuk juga warna partai mana yang akan jadi kendaraan,” katanya.

Dikatakan, munculnya beragam sukarelawan mengatasnamakan dirinya bukan berafiliasi langsung melainkan timbul dengan sendirinya. Menurutnya, kontestasi Pilkada dinilai lebih pada pertarungan figure.

Hariyono menjelaskan, selama berkarier sekitar 28 tahun di TNI AL, dharma baktinya kepada negara dianggap sudah lebih dari cukup. Sehingga, manakala muncul dukungan melalui politik untuk mengabdi akan disanggupi.

“Saya ingin membuat Salatiga lebih maju dan baik lagi. Bukan kemarin kurang, bukan, tapi akan lebih lagi. Monggo partai melihat saya seperti apa, positif pensiun dini. Optimis insya Allah Salatiga 1,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya