SOLOPOS.COM - Ilustrasi sabu-sabu (JIBI/Solopos/Reuters)

Narkoba yang dicoba diselundupkan ke LP Narkotika Nusakambangan, Cilacap, Jateng digagalkan aparat Kementerian Hukum dan HAM.

Semarangpos.com, SEMARANG —  Aparat Kementerian Hukum dan HAM mencegah penyenlundupan puluhan paket narkotika jenis sabu-sabu ke LP Narkotika Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah (Jateng). Upaya penyelundupan itu dilakukan dengan modus operandi memanfaatkan pengiriman hiasan salip dan gantungan baju berbahan kayu ke penjara tersebut.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Wilayah Jawa Tengah Djoni Priyatno di Semarang, Rabu (8/3/2017), mengatakan upaya penyelundupan itu terjadi, Selasa (7/3/2017). Petugas pemasyarakatan, menurut dia berhasil mengamankan seorang wanita pembesuk bernama Lusiana yang membawa barang-barang tersebut.

“Pembesuk itu akan menemui salah seorang napi bernama Heru Purnomo, bawa dua salib dan gantungan baju,” katanya.

Menurut dia, petugas sudah melarang pembesuk tersebut membawa masuk dan meminta barang-barang bawaannya itu ditinggal di pos pemeriksaan. Sesuai aturan, kata dia, yang boleh dibawa masuk saat membesuk hanyalah makanan.

Karena curiga, kata dia, petugas memeriksa lebih teliti hiasan salib dan gantungan baju itu. “Waktu ditekan-tekan, ternyata ada yang jatuh,” katanya.

Pada salib dan gantungan baju tersebut ditemukan sejumlah lubang yang berisi sabu-sabu. Ia mengaku upaya penyelundupan dengan modus oprandi semacam itu bukan yang kali pertama dilakukan.

Barang bukti serta pelaku, selanjutnya diserahkan kepada aparat Polres Cilacap untuk proses hukum lebih lanjut. Pemeriksaan juga dilakukan terhadap dua napi yang diduga akan menerima paket sabu-sabu tersebut.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya