SOLOPOS.COM - Penjabat Wali Kota Salatiga Sineong N Rachmadi (kedua dari kanan) saat menyegel pintu kontainer sebagai tanda simbolis pelepasan ekspor perdana Natuna Ceramic tujuan Indianapolis, Amerika Serikat, Senin (19/12/2022). (Istimewa/Humas Pemkot Salatiga)

Solopos.com, SALATIGA–Berawal dari sebuah garasi yang memproduksi peralatan makan dari keramik pada 3,5 tahun silam, tak disangka kini PT Gyan Kreatif Indonesia atau dikenal sebagai Naruna Ceramic telah berhasil menembus pasar negara ke-13 yang menjadi negara tujuan ekspor, yakni Indianapolis, Amerika Serikat.

CEO and Founder Naruna Ceramic, Roy Wibisono, mengaku ekspor perdana ke Amerika Serikat itu mengirim sebanyak 1 kontainer 20 feet dengan nominal Rp435 juta.

Promosi Harga Saham Masih Undervalued, BRI Lakukan Buyback

Roy membeberkan untuk mendapatkan buyer dari Amerika Serikat, Naruna telah lebih dahulu mengalahkan kompetitor dari perusahaan-perusahaan besar yang telah menguasai pasar keramik dunia seperti China, Vietnam, dan Thailand.

Walaupun para kompetitor dari negara tersebut memberikan harga yang lebih murah, tetapi Naruna dapat meyakinkan pembeli.

Karena mampu memproduksi keramik dengan warna reaktif dan melting.

Baca Juga: Festival Salatiga Kita pada Akhir Pekan, Ada Pameran Gastronomi & Pesta Durian

Keberhasilan Naruna tersebut tak lepas dari kekuatan tim riset serta didukung oleh tim produksi yang hebat.

“Ekspor perdana 1 kontainer ke Amerika Serikat ini sebagai pengiriman pertama dan akan diikuti dengan pengiriman-pengiriman selanjutnya. Naruna Ceramic, meskipun dengan modal terbatas, jika memiliki kreativitas yang tinggi pasti akan mampu menembus pasar ekspor. Bahkan, sekaligus mengalahkan persaingan dengan perusahaan sejenis dari negara lain,” ungkap Roy, Senin (19/12/2022).

Ekspor perdana ke Indianapolis, Amerika Serikat tersebut, dilepas oleh Penjabat Wali Kota Salatiga, Sinoeng N. Rachmadi, di Resto Banyoe, Pulutan, Kecamatan Sidorejo, Salatiga.

Sinoeng mengatakan ekspor keramik tersebut sebagai keberkahan seusai pandemi. Jika di era ini, kepercayaan lebih memegang peran penting dibandingkan kualitas produk itu sendiri.

Baca Juga: Baru Jalan 2 Tahun, Produsen Keramik Salatiga Sukses Ekspor Berkat Digitalisasi

“Saat ini, being trusted is more important than quality and good product. Namun setelah memperoleh kepercayaan, tentu harus diikuti pula dengan peningkatan kualitas produk. Dari Salatiga kita persembahkan yang terbaik untuk Indonesia dan dari Naruna juga untuk dunia internasional. Atas nama Pemerintah dan masyarakat Kota Salatiga, saya merasa bangga atas ekspor perdana ini,” terang Sinoeng.

Kepala Disperindag Jawa Tengah, Muhammad Arif Sambodo, menyebut bahwa Amerika Serikat adalah pasar tradisional bagi Jawa Tengah.

Tapi, produk yang dominan diekspor ke negara tersebut adalah produksi tekstil dan perkayuan.

“Pengiriman perdana produk keramik Naruna ke Amerika Serikat, ini bukan suatu bentuk yang biasanya. Pasar tradisional Jawa Tengan selama ini adalah Amerika, Uni Eropa, Tiongkok, dan Jepang. Saya yakin Naruna bisa menjual produknya ke Indianapolis tersebut, tentu ada upaya yang sebanding,” ujar Arif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya