SOLOPOS.COM - Petugas Damkar Salatiga (kiri) menunjukkan ular kobra jawa yang baru saja ditangkap di sebuah kedai atau warung di Kota Salatiga, Selasa (27/12/2022). (Solopos.com-Damkar Salatiga)

Solopos.com, SALATIGA — Seekor ular kobra jawa muncul di sebuah rumah makan di Kauman Kidul, Kota Salatiga, Selasa (27/12/2022) sore. Ular itu bersembunyi di tempat penyimpanan gelas di rumah makan yang bernama Kedai Wedangan itu.

Sontak, kemunculan ular kobra jawa itu pun membuat pemilik warung panik. Ia pun segera menghubungi petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Salatiga untuk mengevakuasi ular berbisa yang memiliki nama latin Naja sputatrix itu.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Kepala Satpol PP Kota Salatiga, Joko Haryono, mengaku mendapat laporan adanya ular kobra jawa yang masuk ke sebuah rumah makan di Kauman Kidul itu sekitar pukul 18.00 WIB.

“Pelapor kemudian menghubungi Damkar Salatiga melalui aplikasi Whatsapps,” kata Joko saat dihubungi Solopos.com, Selasa (27/12/2022).

Setelah mendapatkan laporan, Joko pun menerjunkan anggota regu 2 Damkar Kota Salatiga untuk melakukan evakuasi terhadap ular kobra jawa tersebut. Saat didatangi tim Damkar Salatiga, jenis ular berbisa itu bersembunyi di dapur kedai tersebut.

Baca juga: Eks Asisten Panji Meninggal, Ini Daftar 10 Ular Berbisa Tinggi di Indonesia

“Kedai itu milik Ibu Nina, warga Kauman Kidul, Kota Salatiga. Ular bersembunyi di sela rak gelas,” jelasnya.

Meski demikian, tidak butuh waktu lama bagi anggota Damkar Salatiga untuk mengevakuasi ular kobra jawa tersebut. Sekitar satu jam setelah mendapat laporan, petugas Damkar Salatiga berhasil mengevakuasi ular berbisa itu dari rumah makan warga itu.

“Ular jenis kobra jawa ini langsung dievakuasi anggota Regu 2 Damkar Salatiga,” ujarnya.

Baca juga: 2 Mahasiswa UKSW Raih 3 Medali di Ajang Pomnas

Joko pun mengimbau kepada warga Kota Salatiga agar lebih berhati-hati dan selalu waspada terhadap hewan berbahaya itu. Apalagi, jika ular tersebut sampai masuk ke dalam permukiman warga.

“Bagi warga agar lebih berhati-hati dan selalu mengecek isi rumah atau kedai. Jika ada hewan berbahaya yang masuk rumah bisa langsung menghubungi Damkar Kota Salatiga. Kami siap membantu melakukan evakuasi terhadap binatang berbahaya itu,” ujar Joko.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya