SOLOPOS.COM - Area Taman Puncak di objek wisata Goa Resi Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, Minggu (5/6/2022). (Solopos/Luthfi Shobri Marzuqi)

Solopos.com, SEMARANG — Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah (Jateng) telah mengumumkan nomine 10 desa wisata yang masuk dalam Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022. Dari 10 desa wisata yang masuk nomine itu dua di antaranya berasal dari wilayah Soloraya.

Dikutip dari laman visitjawatengah.jatengprov.go.id, Senin (21/11/2022), 10 desa wisata itu dipilih setelah dilakukan serangkaian seleksi. Total ada 27 desa wisata yang mengikuti ajang apresiasi Desa Wisata tingkat Provinsi Jateng itu.

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Penilaian tahap pertama dilakukan dewan juri secara online melalui video yang diunggah di kanal Youtube masing-masing desa wisata pada Jumat (11/11/2022). Setelah itu, ke-27 desa wisata itu dilakukan kunjungan oleh Disporapar Jateng.

Sementara itu, puncak gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022 akan diselenggarakan secara offline, Sabtu (26/11/2022) di Gerbang Gajah Desa Wisata Kembanglimus, Kabupaten Magelang. Pada kesempata itu, 10 desa wisata yang masuk nomine desa wisata terbaik di Jateng tahun 2022 akan menggelar pemeran dengan menampilkan produk-produk lokal.

Selama pameran berlangsung, penilaian tetap dilakukan sampai akhirnya terpilih desa wisata terbaik untuk berbagai kategori mulai dari kategori paket wisata, atraksi seni budaya, sapta pesona, CHSE (cleanlliness, health, safety, dan environment sustainability), serta homestay dan toilet bersih.

Baca juga: Selamat! Desa Ini Didapuk Jadi Desa Wisata Terbaik di Jateng

Berikut daftar 10 desa wisata yang masuk nomine desa wisata terbaik dalam Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022:

1. Desa Wisata Giyanti, Kabupaten Wonosobo,
2. Desa Wisata Kandri, Kota Semarang,
3. Desa Wisata Conto, Kabupaten Wonogiri,
4. Desa Wisata Dawuhan, Kabupaten Banjarnegara,
5. Desa Wisata Muncar, Kabupaten Semarang,
6. Desa Wisata Sambongrejo, Kabupaten Blora,
7. Desa Wisata Somongari, Kabupaten Purworejo,
8. Desa Wisata Karangrejo, Kabupaten Magelang,
9. Desa Wisata Pekunden, Kabupaten Banyumas,
10. Desa Wisata Sidowarno, Kabupaten Klaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya