SOLOPOS.COM - Petugas siap mengawal mobil yang akan melintas ke arah barat atau Jakarta setelah penutupan jalur satu arah di gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Selasa (9/4/2024). (ANTARA/I.C. Senjaya)

Solopos.com, SEMARANG – Penerapan sistem satu arah atau one way arus balik Lebaran 2024 akan dimulai Sabtu (13/4/2024) siang.

Rencananya, pada pukul 14.00 WIB, rombongan arus balik akan dilepas langsung oleh Kakorlantas di GT Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Stefamus Satake Bayu Setianto, mengatakan penerapan one way arus balik akan menyesuaikan jumlah dan kepadatan arus kendaraan yang melintas. Mengingat, puncak arus balik diprediksi terjadi pada tanggal 13 dan 14 April 2024.

“Maka persiapkan diri dan kendaraan dengan baik. Pastikan kartu tol terisi cukup agar tidak terjadi kemacetan di gerbang tol,” pinta Kombes Pol Satake melalui keterangannya, Jumat (12/4/2024).

Terkait masyarakat yang pulang dengan kendaraan travel, Kabidhumas meminta agar masyarakat selektif dalam memilih kendaraan dan pengemudi.

Pengemudi juga dianjurkan tidak menyopir terlalu lama untuk menghindari berkendara dalam kondisi mengantuk akibat kelelahan.

“Pilih kendaraan yang fit dan sopir yang bugar untuk menghindari risiko kecelakaan akibat kelelahan. Ingatkan sopir untuk istirahat setelah 4 jam berkendara. Silahkan gunakan pos polisi yang tersebar sepanjang jalur untuk beristirahat sejenak bila lelah,” pesannya.

Sementara bagi masyarakat yang masih memanfaatkan waktu liburan dengan berkunjung ke tempat wisata, Kabidhumas menyebut keamanan dan keselamatan tetap menjadi prioritas. Pihaknya pun mengimbau pengunjung tetap patuhi himbauan dan arahan petugas di lapangan.

“Prinsip kami keamanan dan keselamatan masyarakat tetap menjadi prioritas selain kelancaran dan ketertiban berlalu lintas,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya