SOLOPOS.COM - Robert Budi Hartono, Bos Djarum (therichest.org)

Solopos.com, SEMARANG — Kakak beradik Robert Budi Hartono dan Michael Hartono masih menempati urutan teratas dalam daftar orang terkaya di Indonesia maupun Jawa Tengah (Jateng) menjelang berakhirnya tahun 2022.

Berdasarkan data terbaru yang tercantum dalam laman Forbes.com, Kamis (13/10/2022), Robert Budi Hartono memiliki kekayaan mencapai US$22,2 miliar, atau setara Rp341,5 triliun. Sementara, sang kakak, yakni Michael Hartono memiliki nilai kekayaan mencapai US$21,3 miliar atau sekitar Rp327,69 triliun.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Nilai kekayaan keduanya itu mengalami kenaikan sekitar 0,18% dibanding tahun sebelumnya. Jika digabungkan nilai kekayaan kakak beradik asal Kudus, Jateng, ini pun mencapai sekitar Rp669,19 triliun.

Dengan harta kekayaan itu, kakak beradik asal Kudus tersebut tidak hanya menempati daftar sebagai orang terkaya di Jateng, tapi juga se-Indonesia pada tahun 2022 ini.

Dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Robert Budi Hartono dan Michael Hartono telah menjadi orang terkaya di Indonesia selama 14 tahun berturut-turut.

Baca juga: Dikenal sebagai Pengusaha dan Politikus, Segini Total Kekayaan Surya Paloh

Dalam laman Forbes.com, kedua orang terkaya di Jateng pada tahun 2022 itu disebut sebagai pengusaha di bidang industri rokok dan perbankan. Michael Bambang Hartono yang memiliki nama asli Oei Hwie Siang, lahir di Semarang, 2 Oktober 1939. Sedangkan sang adik, Robert Budi Hartono, yang memiliki nama asli Oei Hwie Tjhong, juga lahir di Semarang pada 28 April 1941.

Keduanya merupakan putra Oei Wie Gwan, pendiri Djarum, sebuah perusahaan rokok terbesar keempat di Indonesia. Oei Wie Gwan mendirikan Djarum pada 21 April 1951 di Kudus, Jateng.

Selain Djarum, kakak beradik yang menjadi orang terkaya di Indonesia dan Jateng pada 2022 itu juga memiliki saham terbesar di Bank Central Asia (BCA). Mereka juga memiliki perkebunan sawit di Kalimantan Barat sejak 2008, dan sejumlah perusahan yang bergerak di berbagai bidang seperti elektronik dan lain-lain.

Baca juga: Kekayaan Konglomerat Wanita Terkaya di Indonesia Rp22,6 Triliun

Sementara itu, di peringkat dunia, orang terkaya Jawa Tengah (Jateng) pada 2022 itu menempati urutan ke-58 untuk Robert Budi Hartono. Sedangkan sang kakak berada di urutan 62 orang terkaya di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya