SOLOPOS.COM - Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, menggandeng tangan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, saat tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran Solo, Minggu (11/12/2022) malam. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka diprediksi bakal menang mudah jika diusung PDIP di Pilgub Jateng 2024. Sebagai putra Presiden Joko Widodo, kans Gibran dicalonkan sangat besar lantaran ia berpotensi memenangi kontestasi Pilgub Jateng 2024.

Hal itu diungkapkan Pakar politik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Teguh Juwono, saat dihubungi wartawan, Kamis (26/1/2023). Gibran akan menang besar jika diusung PDIP lantaran Jawa Tengah masih memiliki massa PDIP berjumlah besar.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

“Jawa Tengah kandang banteng. Jadi tidak penting siapa figur yang diusung, karakter PDIP yang lebih besar,” katanya.

Jika Gibran jadi diusung PDIP dan keluar sebagai pemenang, lanjut Teguh, kunci kemenangan pada Pilgub Jateng bukan pada sosok Gibran, melainkan pada Megawati yang memiliki kontrol sepenuhnya di tubuh partai. Sementara, kiprah Gibran nanti akan dipengaruhi oleh karakter Jokowi.

“Gibran masih muda. Di politik tidak mudah membangun loyalitas sehingga ia akan sangat bergantung kepada sosok Jokowi. Gibran nanti juga akan mendapat banyak dukungan dari elite parpol lainnya,” ulas Teguh.

Para elite parpol, terutama parpol yang tidak punya calon gubernur, disebut Teguh akan mendekat mengusung Gibran secara cuma-cuma atau demi imbalan berupa jatah kursi wakil gubernur.

Jika pada akhirnya nanti terpilih, Gibran akan memimpin Jateng dengan mengadopsi gaya sang ayah saat memimpin DKI Jakarta dulu. Salah satu gaya Jokowi yang ditiru Gibran selama menjadi Wali Kota Solo adalah kepemimpinan yang berorientasi pada pelayanan publik.

“Gaya memimpin Gibran sebagian besar mirip Jokowi. Jadi apa yang dilakukan di Solo pasti juga dipakai pas di Jawa Tengah atau Jakarta. Jadi secara santai, ceplas-ceplos dan berorientasi pada pelayanan,” katanya.

Di waktu sebelumnya, pengakuan Gibran soal kebersediaannya maju ke pencalonan Gubernur Jawa Tengah 2024 langsung menjadi pemberitaan utama di media. Meski seperti itu, keputusan akhir siapa yang akan diajukan PDIP masih misterius. Siapa figur yang akan dicalonkan PDIP belum diputuskan Ketua Umum (Ketum) PDIP, Megawati Sukarnoputri hingga sekarang.

“Bu Mega yang paling menentukan siapa yang akan diusung sebagai bakal calon gubernur Jateng atau DKI, tapi ini masih teka-teki,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya