SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi Petani Merawat Tanaman Tembakau (Dok/JIBI/Solopos)

Ilustrasi Petani Merawat Tanaman Tembakau (Dok/JIBI/Solopos)

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG – Harga tembakau rajangan kering kualitas sedang di Temanggung, Jawa Tengah, pada masa panen ini mulai bergerak turun, sedangkan harga tembakau kualitas bagus terus naik.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Petani tembakau warga Desa Tlahab Kecamatan Kledung, Setyo di Temanggung, Selasa (14/10/2014), mengatakan harga tembakau kualitas sedang untuk grade D yang semula Rp70.000 hingga Rp90.000 per kilogram, kini turun menjadi Rp40.000 hingga Rp50.000 per kilogram.

“Dalam lima hari terakhir harga tembakau grade D turun. Kebanyakan tembakau tersebut berasal dari luar Temanggung, karena di Temanggung memasuki masa akhir panen seperti sekarang sudah tidak ada tembakau grade D,” katanya seperti dikutip Antara.

Di tingkat petani Temanggung, katanya pada saat panen jika proses perajangan dan pengeringan tembakau selesai maka tembakau langsung dijual sehingga untuk grade C-D saat ini sudah habis, tinggal tembakau grade E ke atas.

Ia menuturkan harga tembakau grade E, F, G yang semula Rp200.000 per kilogram kini mencapai Rp250.000 per kilogram.

“Tembakau grade E, F, G adalah tembakau pilihan yang mempunyai kualitas bagus dan tidak ditemukan tembakau kualitas ini di daerah lain,” katanya.

Petani warga Dusun Lamuk Desa Legoksari Kecamatan Tlogomulyo, Subakir mengatakan tembakau grade E ke atas muncul pada akhir panen, yaitu tujuh lembar daun teratas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya