SOLOPOS.COM - Ilustrasi Panen Tembakau (Dok/JIBI/Solopos)

Ilustrasi Panen Tembakau (Dok/JIBI/Solopos)

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG– Petani tembakau di Temanggung kini gembira. Pasalnya, harga tembakau rajangan kering di sejumlah gudang perwakilan pabrik rokok di Temanggung, naik dibanding tahun lalu.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Pemilik gudang tembakau perwakilan PT Gudang Garam di Temanggung, Tjong Giong seperti dikutip Antara, Kamis (4/9/2014) mengatakan, harga tembakau “grade” D pada 2013 Rp70.000 per kilogram, tahun ini naik menjadi Rp80.000 per kilogram.

Ia mengatakan hal tersebut saat menerima kunjungan Bupati Temanggung, Bambang Sukarno untuk memantau pembelian tembakau di beberapa gudang perwakilan pabrik rokok di Temanggung.

Ia mengatakan, pihaknya telah melakukan pembelian tembakau sejak 23 Agustus 2014 dan hingga saat ini telah membeli sekitar 2.000 ton tembakau.

“Kami menargetkan pembelian tembakau tahun ini sebanyak 8.000 ton,” ucapnya.

Pemilik gudang perwakilan PT Djarum, Agung Purnomo mengatakan, harga tembakau di gudang tersebut saat ini mencapai Rp90.000 per kilogram untuk grade E.

Ia menuturkan, PT Djarum tahun ini menargetkan pembelian tembakau di Temanggung sekitar 5.000 ton.

“Kalau memang kualitas bagus, kemungkinan kami bisa membeli lebih dari 5.000 ton tembakau,” ujarnya.

Bupati Temanggung, Bambang Sukarno mengatakan, kualitas tembakau tahun ini cukup bagus maka harganya lebih baik dari tahun lalu.

“Saya yakin harga tembakau tahun ini lebih baik dari tahun lalu. Kalau lihat tanaman temabakau di ladang, kualitas daunnya baik sekali,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya