SOLOPOS.COM - Langit Pantai Pedalen di Kebumen jadi kanvas lukis pergantian waktu dalam warna-wani senja. (Istimewa/Instagram @joyohatiman)

Solopos.com, KEBUMEN — Keindahan alam Kabupaten Kebumen memang tak perlu diragukan lagi. Telah menjadi sorotan bagi para pencinta alam, Kebumen terus memamerkan bentang alamnya.

Dikenal dengan keberadaan sejumlah pantai yang menakjubkan, Kebumen telah menjelma menjadi magnet bagi para wisatawan yang ingin merasakan pesona laut dan pasir yang memikat. Keunikan tiap pantai yang tersebar di penjuru Kebumen menarik perhatian bagi siapa saja yang ingin menjelajahinya.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Kecamatan Ayah menjadi salah satu kecamatan yang menebar eksotisme pantainya. Bagi penggemar wisata alam, Kabupaten Kebumen menjadi surga destinasi dengan keelokan alamnya yang tak terelakkan yang membuka peluang untuk menjelajahi dan membenamkan diri dalam kekayaan alam Indonesia.

Berjarak sekira 43 kilometer dan jarak tempuh sekira 1 jam dari Alun-alun Kota Kebumen, terdapat pesona pantai yang diramaikan dengan bebatuan karang gugusan karst dan nyaris tidak ada pasir. Bernama Pantai Pedalen, pantai ini populer dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang telah hadir sejak dulu.

Ketika menginjakkan kaki di Pantai Pedalen, pengunjung akan disambut dengan ratusan kapal nelayan yang berlalu-lalang dan menjual hasil tangkapannya setelah bergeliat dalam riak ombat laut luas.

Dilansir oleh laman website argopeni.kec-ayah.kebumenkab.go.id pada Sabtu (12/8/2023), para pengunjung berkesempatan merasakan sensasi menikmati pos observasi bulan (POB) di pantai ini. Jadi satu-satunya yang ada di pesisir selatan Jawa, POB Pantai Pedalen dijadikan rukyatul hilal penentu awal Ramadan atau Hijriah di Jawa Tengah.

Selain berjalan-jalan dan duduk bersantai di tepi pantai, pengunjung bisa melihat lanskapnya pemandangan alam kejauhan dengan gardu pandang. Melalui gardu pandang, Pantai Pedalen memanjakan pengunjung dengan melihat Pulau Nusakambangan, Kota Cilacap.

Pantai Pedalen jadi sebuah destinasi alam primadona pengunjung dengan segala pesonanya. Tak kalah menarik dengan pemandangan sunset di pantai-pantai lainnya, Pantai Pedalen menawarkan pengalaman menatap matahari terbenam dengan latar belakang bebatuan dan ombak yang tenang.

Letaknya yang tak jauh dari pusat kota, tak heran Pantai Pedalen jadi tujuan masyarakat setempat untuk menikmati sore hari dengan perubahan langit sore menjadi senja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya