SOLOPOS.COM - Masyarakat naik ke atas kendaraan tempur milik Kodam IV/ Diponegoro saat peringatan HUT Ke-78 TNI di Semarang, Kamis (5/10/2023). (Solopos.com-Antara/I.C. Senjaya)

Solopos.com, SEMARANG — Defile atau parade kendaraan tempur TNI memeriahkan peringatan HUT ke-78 TNI yang digelar di Lapangan Parade Kodam IV Diponegoro, Kota Semarang, Kamis (5/10/2023). Masyarakat yang hadir pun turut serta dan diizinkan menjajal naik ke kendaraan tempur tersebut.

Dalam defile itu, masyarakat memang diberi kesempatan naik ke atas berbagai alat utama sistem pertahanan (alutsista) milik Kodam IV Diponegoro. Total ada sekitar 20 kendaraan tempur TNI yang sengaja dipamerkan dalam acara peringatan HUT TNI itu.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Beberapa kendaraan tempur yang ditampilkan itu antara lain Panser Anoa, Tank MX-13 buatan Pindad, dan kendaraan pengangkut pasukan lainnya, termasuk sejumlah helikopter milik Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Penerbad).

Selain kendaraan tempur, defile diikuti pasukan berbagai kesatuan di TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

Pangdam IV/ Diponegoro, Mayjen TNI Widi Prasetijono, dalam amanatnya mengatakan kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara harus bersinergi dengan komponen lain untuk mewujudkan demokrasi. Oleh karena itu, ia meminta para prajurit TNI untuk selalu menjaga nama baik lembaga ini di mana pun berada.

“Tindakan sekecil apa pun akan berdampak pada institusi secara umum,” katanya.

Salah satu tantangan yang dihadapi TNI ke depan, kata dia, adalah pelaksanaan Pemilu 2024. Oleh karena itu, ia meminta prajurit TNI peka dan antisipatif di masa tahapan pemilu ini.

“Laksanakan komitmen netralitas TNI, ikuti peraturan, pedoman, dan perintah dalam bersikap,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya