SOLOPOS.COM - Patung Ganesha Tidur di Banjarejo, Grobogan. (https://petawisata.disporabudpar.grobogan.go.id)

Solopos.com, GROBOGAN — Salah satu wisata di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah (Jateng), yang menyajikan konsep wisata sejarah tetapi tetap ada unsur kekinian adalah Patung Ganesha Tidur Banjarejo. Wisata ini merupakan salah satu bagian dari Desa Wisata Banjarejo yang menyajikan sebuah patung yang mirip dengan patung Buddha berukuran sangat besar yang ada di Thailand.

Wisata ini juga dinilai sebagai daya tarik utama untuk menarik minat para pengunjung agar berkunjung ke Desa Banjarejo. Alamat Ganesha Tidur Banjarejo atau Patung Ganesha Tidur berada di Dusun Barak, Kedungjati, Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Patung Ganesha yang sedang tertidur dengan ukurannya yang besar, menjadikan patung tersebut sebagai daya tarik utama dari objek wisata ini. Patung tersebut memiliki ketinggian sekitar 4,5 meter dengan panjang 11 meter dan lebar 1 meter.

Dilansir dari petawisata.disporabudpar.grobogan.go.id, Patung ini dibangun untuk mengenang kehidupan Era Animisme, Hindu dan Buddha yang dahulu ada di Desa Banjarejo. Selain itu, di desa tersebut juga banyak penemuan benda purbakala yang didominasi oleh jenis gajah purba.

Pengunjung tidak perlu khawatir akan bosan ketika mengunjungi tempat ini karena selain Ganesha Tidur, Desa Wisata Banjarejo juga telah membangun 4 bangunan baru, antara lain adalah Surya Majapahit, Gerbang Keraton Ratu Boko, Kepala Cincin Kepala Buddha Bermahkota dan Sumber Belahan. Kawasan tersebut juga tertata baik, mulai dari lampu, tempat duduk, jalur trekking, dan spot selfie. Tak heran jika kawasan tersebut menjadi buruan untuk tempat berfoto yang instagramable dan kekinian, apalagi terdapat spot selfie dengan latar belakang persawahan yang indah.

Tempat wisata ini juga memiliki kawasan wisata edukatif berupa Rumah Fosil Banjarejo. Menurut sejarahnya, Rumah Fosil Banjarejo ini sudah dimulai sejak tahun 2015. Pembangunan tempat ini lahir karena rasa peduli untuk melestarikan fosil-fosil purbakala yang banyak ditemukan di Desa Banjarejo. Terhitung setidaknya ada 1300 fosil yang sudah teridentifikasi dan 300 fosil lainnya belum teridemtifikasi. Lokasi Rumah Fosil Banjarejo berada di seberang kawasan Ganesha Tidur, dan yang paling penting bahwa penyajian sisi edukasi sejarahnya juga tidak akan membuat jenuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya