SOLOPOS.COM - UMKM di Saloka Theme Park. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — Taman rekreasi yang berada di Tuntang, Kabupaten Semarang, Saloka Theme Park, tidak hanya menjadi destinasi wisata kebanggaan masyarakat Jawa Tengah.

Namun, keberadaan Saloka juga membawa dampak positif untuk lingkungan sekitarnya.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Salah satunya terlihat saat Desember 2023 silam, Saloka berhasil memecahkan Rekor Dunia MURI berupa Pohon Natal tertinggi dari rangkaian Eceng Gondok. Pemecahan rekor tersebut melibatkan UMKM lokal di bidang kerajinan Eceng Gondok.

Sejak awal berdiri, Saloka telah menunjukkan kepedulian dan komitmennya terhadap masyarakat lokal dengan memberi lapangan kerja lengkap beserta pelatihannya serta berbagai peluang usaha untuk teman-teman UMKM sekitar.

Seperti yang dirasakan oleh Kharis, warga sekitar Saloka yang telah menjadi salah satu karyawan terlama di Saloka. Diketahui sebelum bekerja di Saloka, Kharis hanya bekerja serabutan saja.

“Sejak bekerja di Saloka, saya bisa menyekolahkan anak saya dan membuka kantin. Alhamdulillah ekonomi keluarga jadi membaik,” ucap Kharis.

Saloka juga memiliki lahan parkir luas yang sebagian dimanfaatkan sebagai area berjualan bagi pedagang sekitar dengan membuka kios-kios atau warung makan. Manfaat ini sangat terasa bagi para pedagang-pedagang tersebut, salah satunya Badiyah.

“Dulu sewaktu kerja di pabrik, saya susah sekali ada waktu untuk anak dan keluarga. Namun, setelah berjualan di parkiran Saloka ini, saya jadi bisa cari uang sambil memantau perkembangan anak saya,” Jelas Badiyah, pedagang warung makan di parkiran bis Saloka.

Outlet makanan ringan yang sering digunakan para pengunjung untuk bersantai sambil bermain wahana juga menyediakan rak-rak khusus untuk menempatkan produk-produk UMKM.

Siyamto, pemilik Susu Segar Pak Si yang juga menjadi penasehat UMKM di PLUT Kabupaten Semarang juga menjalin kerja sama dengan Saloka dan merasakan peningkatan penjualan produk yang sangat bagus meski kerjasama baru berjalan selama 1 bulan.

“Peluang pasar di sana (Saloka) sangat bagus, omset penjualan produk jadi meningkat dan tenaga kerja saya setiap hari ada kepastian jam kerja untuk terus produksi,” kata pemilik UMKM Susu Segar Pak Si, Siyamto, saat diwawancarai langsung di outlet pribadinya.

Di sisi lain, pemilik UMKM kerajinan Bengok Craft, Firman Aji, juga mengungkapkan dampak positif saat usahanya berkolaborasi dengan Saloka.

UMKM di Saloka Theme Park
UMKM di Saloka Theme Park. (Istimewa)

Dampak positif tersebut di antaranya bisa mengenalkan kerajinan dari tanaman Eceng Gondok ke masyarakat luas, produknya yang laku terjual karena terjadi perputaran produk, dan pengembangan brand Bengok Craft semakin dikenal.

Sementara itu, Camat Tuntang, Aris Setyawan juga mengaku bangga akan keberadaan Saloka sebagai sektor wisata unggulan di Kabupaten Semarang. Multiplier effect yang terjadi sangat berdampak untuk perekonomian di wilayah Tuntang.

“Potensi desa yang sudah dilibatkan dan diangkat sungguh menjadi hal yang dirasakan dampaknya oleh masyarakat dan UMKM, terlebih pada ekonomi kerakyatannya. Terima kasih untuk Saloka atas kepedulian dan prioritasnya untuk kami,” tambah Aris.

Ekosistem ekonomi kerakyatan yang saling berkaitan membuat Saloka ingin terus memberikan kontribusi yang positif untuk masyarakat sekitar dan tidak hanya sekedar menjadi perusahaan entitas yang hanya memimikirkan diri sendiri.

General Manager Saloka, Harwanto, menambahkan, kegiatan manajemen Saloka harus selalu memberikan ruang dan kesempatan untuk semua potensi yang dimiliki masyarakat sekitar sehingga mereka bisa tumbuh dan berkembang untuk maju bersama mencapai hidup dan perekonomian yang lebih baik.

Tentang Saloka

Saloka merupakan Theme Park pertama dan terbesar di Jawa Tengah. Di dalamnya terdapat 25 wahana dengan luas area lebih dari 12 Ha.

Bertempat di Lopait, Tuntang, Kabupaten Semarang, Saloka menyediakan wahana hiburan tematik dan edukatif berbasis legenda rakyat Jawa Tengah.

Saloka dikembangkan dan dibangun oleh tim berpengalaman dengan lisensi Internasional, sehingga memenuhi standar keamanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya