SOLOPOS.COM - Rektor Unisvet Semarang, Tri Leksono Handoko, mengatakan kampusnya sudah menonaktifkan pegawai yang terlibat kasus pelecehan terhadap mahasiswa, S, sejak 3 Februari. (Ponco Wiyono-Solopos.com)

Solopos.com, SEMARANG — Seorang pegawai Universitas IKIP Veteran (Unisvet) Semarang, Jawa Tengah, diduga melakukan pelecehan seksual terhadap lima orang mahasiswa. Saat ini pelaku pelecehan seksual tersebut sudah dinonaktifkan pihak kampus.

Hal itu disampaikan Rektor Unisvet Semarang, Tri Leksono Prihandoko, mengatakan kasus pelecehan seksual ini terungkap setelah para korban melaporkan aksi bejat pelaku melalui kanal aduan Pencegahan dan Penanganan Seksual atau Satgas PPKS. Lembaga aduan ini dibentuk pihak kampus menyusul adanya edaran Permendikbudristek Nomor 30 tahun 2021. Satgas PPKS Unisvet dibentuk pada tanggal 3 Desmeber 2021.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

“Usai membentuk PPKS, kami langsung memberikan sosialisasi tentang pencegahan kekerasan seksual kepada seluruh civitas akademika Unisvet. Sosialisasi dihadirkan dari pemateri lembaga bantuan hukum [LBH] serta rekan-rekan praktisi PPKS,” kata dia, Rabu (15/2/2023).

Dari hasil sosialisasi, Unisvet pun langsung membuat kanal aduan kekerasan seksual.  Kanal aduan lalu mendapatkan laporan soal kekerasan seksual yang dilakukan oleh seorang pegawai di Unisvet terhadap lima orang mahasiswa.

“Ternyata betul, ada lima orang [korban yang membuat laporan]. Artinya ada. Kebetulan memang kata korban ini kejadiannya waktu semester 2 dan saat ini korban semester 5,” jelas Tri.

Dia menjelaskan kasus kekerasan seksual yang dialami mahasiswa ini memang kasus lama. Kasus ini baru terungkap saat pimpinan kampus membuka kanal aduan.

“Ya resikonya dibukanya kanal adalah kita banyak masukan, tetapi saya senang ketika mahasiswa punya keberanian menyampaikan pendapat,” lanjutnya.

Mengenai modus operandi pelaku, lanjut Tri, seorang pegawai berinisial S itu mengirim pesan bernada pelecehan seksual seperti ajakan kencan. Kemudian, menurut keterangan korban, pelaku menggoda-goda para korban. Pelaku tidak sampai berhubungan fisik dengan korban.

“Kebetulan anak-anak itu penerima beasiswa. Berdasarkan keterangan mereka, hubungan secara fisik tidak ada, saya tekankan tidak ada. Tetapi hanya satu korban yang meminta supaya dihukum setimpal. Sedangkan empat korban, merasa hanya digoda saja,” tutur sang rektor.

Sang pelaku, S, diketahui merupakan pegawai tetap di Unisvet Semarang. S merupakan warga asal Kabupaten Purbalingga. Saat ini, kasus pelecehan seksual yang dilakukan S ditangani Satgas PPKS. Pelaku masih dimintai klarifikasi terkait kasus ini.

Sementara Tri mengaku sudah dipanggil Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah VI Jawa Tengah untuk memeberikan keterangan peristiwa pelecehan seksual.

“Kemarin, kita juga sudah diundang LLDIKTI Ristekdikti dan sudah mendengar dan saya sampaikan perjalanan kasusnya.  Pelaku S sendiri sudah off sejak tanggal 3 Februari,” tandasnya.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Warga Boyolali Tenggelam di Bengawan Solo Sragen Ditemukan Meninggal

Warga Boyolali Tenggelam di Bengawan Solo Sragen Ditemukan Meninggal
author
Tri Rahayu , 
Rohmah Ermawati Jumat, 3 Mei 2024 - 08:02 WIB
share
SOLOPOS.COM - Tim SAR gabungan mengevakuai korban tenggelam dengan menggunakan perahu karet di pinggir Bengawan Solo, Desa Gentanbanaran, Plupuh, Sragen, Kamis (2/5/2024) sore. (Istimewa)

Solopos.com, SRAGEN—Tim search and rescue (SAR) gabungan berhasil menemukan warga Boyolali yang tenggelam di Sungai Bengawan Solo Kamis (2/5/2024) pukul 15.30 WIB. Korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, setelah proses pencarian selama 24 jam lebih 30 menit.

Jasad korban ditemukan di lokasi yang berjarak 1,2 km dari tempat kejadian di Dukuh Driyan RT 004, Desa Gentanbanaran, Kecamatan Plupuh, Sragen.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Kapolres Sragen AKBP Jamal Alam melalui Kapolsek Plupuh AKP Suparno kepada Solopos.com, Jumat (3/5/2024) pagi, menyampaikan korban bernama Aris Saputro, 25, warga Kedung Upit, Desa Sawahan, Kecamatan Ngemplak, Boyolali, sudah ditemukan Kamis pada pukul 15.30 WIB.

Sebelumnya korban dilaporkan tenggelam di Bengawan Solo pada Rabu (1/5/2024) pukul 15.00 WIB.

Koran Solopos

“Alhamdulillah korban tenggelam sudah ditemukan berkat kerja keras tim SAR gabungan dan stakeholders terkait, baik dari relawan SAR, TNI, Polri, dan semua yang terlibat, termasuk perangkat desa Gentanbanaran. Lokasi penemukan korban tidak jauh dari lokasi kejadian, sekitar 1,2 km,” jelas Suparno.

Dia mengatakan tim SAR gabungan langsung mengevakuasi korban dan diangkat ke daratan. Korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Menurutnya, berdasarkan hasil pemeriksaan tim Indentifikasi Polres Sragen, Puskesmas Plupuh, bersama Tim SAR, TNI, dan Polsek Plupuh tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban.

Emagazine Solopos

Pemeriksaan tersebut juga disaksikan Kepala Desa Gentanbanaran, Kepala Desa Kedung Upit Boyolali, dan orang tua korban. “Jadi korban meninggal murni karena kecelakaan air,” jelasnya.

Selanjutnya Kapolsek mewakili Kapolres menyerahkan jenazah korban kepada pihak keluarga yang hadir untuk proses pemakaman. Pihak keluarga, kata dia, menerima dengan ikhlas dan legawa dengan harapan korban meninggal dengan husnul khatimah dan diampuni dosa-dosanya.

Ketua PSC 119 Sukowati Sragen Udayanti Proborini melalui Sekretaris PSC 119 Sukowati Sragen Nengah Adnyana Oka Manuaba menyampaikan PSC 119 mendapat informasi korban tenggelam sudah ditemukan. Oka, sapaannya, berkoordinasi dengan Puskesmas Plupuh 1 untuk merespons informasi tersebut.

Interaktif Solopos

Dia menjelaskan dalam upaya pencarian pada hari kedua, Kamis, dimulai pukul 07.00 WIB oleh tim SAR gabungan. Pencarian dilakukan sampai ke Jembatan Gawan di Tanon dan Jembatan Sapen di Gesi.

Setelah proses pencarian itu, akhirnya tim SAR gabungan menemukan korban pada pukul 15.30 WIB di lokasi sekitar 1,2 km dari lokasi kejadian. Dia melanjutkan setelah jenazah diserahkan kepada keluarga oleh pihak berwenang maka operasi pencarian korban ditutup.

Diberitakan, seorang warga asal Desa Sawahan, Kecamatan Ngemplak, Boyolali, diketahui tenggelam di perairan Bengawan Solo Sragen saat mencari biawak, Rabu (1/5/2024). Lokasi tenggelamnya warga itu terletak di wilayah Desa Gentanbanaran, Kecamatan Plupuh, Sragen.



Kapolres Sragen AKBP Jamal Alam melalui Kapolsek Plupuh AKP Suparno kepada Solopos.com, Rabu malam, mengatakan peristiwa orang tenggelam itu diketahui pada pukul 15.30 WIB. Dia menyebut korban diketahui bernama Aris Saputro, 25, warga Kedungupit, Desa Sawahan, Ngemplak, Boyolali.

“Awalnya korban bersama empat orang rekannya berburu biawak di sekitar aliran Bengawan Solo, tepatnya di wilayah Desa Gentanbanaran, Plupuh, Sragen. Korban bersama keempat temannya berenang menyeberangi sungai itu. Saat berenang ternyata korban tidak kuat berenang akhirnya korban hanyut. Sedangkan empat korban lainnya selamat sampai di seberang tepi sungai,”ujar Suparno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Hadapi Fenomena Sell in May, Ini Rekomendasi Saham-saham Potensial dari Analis

Hadapi Fenomena Sell in May, Ini Rekomendasi Saham-saham Potensial dari Analis
author
Anik Sulistyawati Jumat, 3 Mei 2024 - 07:46 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi jual beli saham. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA — Memasuki bulan Mei 2024, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) disebut berisiko melemah karena dibayangi tekanan jual seiring dengan adanya fenomena Sell in May and Go Away.

Analis pun merekomendasikan beberapa saham potensial seperti CUAN, NCKL hingga BBRI. Fenomena Sell in May and Go Away mengacu pada strategi investor yang mengurangi porsi saham pada bulan Mei.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Tren tersebut umumnya diramaikan oleh aksi investor asing yang meninggalkan pasar saham untuk pergi berlibur selama musim panas, lalu masuk kembali ke pasar saham pada November.

Senior Vice President, Head of Retail, Product Research & Distribution Division Henan Putihrai Asset Management, Reza Fahmi Riawan mengatakan, secara historis IHSG menunjukkan bahwa tren Sell in May and go away tidak selalu berlaku. Dalam 20 tahun terakhir, IHSG lebih sering menguat selama Mei, dengan 11 kali naik dan 9 kali turun.

Koran Solopos

“Namun, dalam 5 tahun terakhir, kecenderungan IHSG untuk melemah selama Mei mulai terlihat. Oleh karena itu, meskipun IHSG telah melemah secara ytd, tidak dapat dipastikan apakah tren ini akan berlanjut di bulan Mei,” ujar Reza kepada Bisnis, dikutip Kamis, (2/5/2024) seperti dilansir Bisnis.com.

Menurutnya, beberapa sentimen yang perlu dicermati pada pasar saham yaitu pertumbuhan ekonomi global, kebijakan moneter, dan perdagangan internasional. Pasalnya, IHSG juga dipengaruhi sentimen The Fed yang menahan suku bunga acuan di level 5,25%-5,5% pada FOMC 1 Mei 2024.

Investor juga perlu mengamati kondisi ekonomi domestik seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan kebijakan pemerintah. Selain itu, mencermati kinerja emiten-emiten di Bursa Efek Indonesia (BEI) seperti laba rugi, pertumbuhan pendapatan, dan proyeksi masa depan.

Sejarah Sell in May and Go Away

Vice President Corporate Finance Institute (CFI) Andrew Loo menjelaskan, jika investor mengikuti strategi Sell in May and Go Away, mereka menjual saham pada awal Mei, atau selama akhir musim semi, dan hasilnya disimpan dalam bentuk tunai. Kemudian, para investor akan berinvestasi lagi pada November, atau di akhir musim gugur.

Dengan mengikuti strategi ini, investor akan menghindari memegang saham selama bulan-bulan musim panas. Istilah tersebut awalnya berasal dari sebuah pepatah kuno di Inggris yang berbunyi: “Sell in May and go away, and come back on St. Leger’s Day” yang mengacu pada arena balap atau pacuan kuda.

Pepatah tersebut biasa dilontarkan di antara para pedagang, bangsawan, dan bankir di kota London ini sebetulnya merujuk pada kebiasaan mereka yang suka meninggalkan kota selama berbulan-bulan sepanjang musim panas untuk kemudian kembali pada pertengahan September untuk menonton gelaran pacuan kuda, St. Leger’s Day, di arena balap Doncaster, South Yorkshire. Andrew Loo mengatakan, salah satu alternatif untuk Sell in May and Go Away yang direkomendasikan oleh para analis adalah dengan merotasi dan memvariasikan portofolio daripada menjual investasi di bulan Mei.

Emagazine Solopos

“Alternatif lainnya bagi investor yang memiliki tujuan jangka panjang adalah dengan membeli dan menahan investasi atau tidak menjual investasinya di musim semi, namun tetap mempertahankan investasi tersebut dalam portofolio,” ujar Andrew dikutip dari laman resmi CFI Kamis (2/5/2024).

Menurutnya, data historis secara umum mendukung pepatah Sell in May and Go Away selama bertahun-tahun dan sejak 1945. Indeks S&P 500 telah mencatat kenaikan rata-rata kumulatif enam bulan sebesar 6,7% pada periode antara November hingga April, dibandingkan dengan kenaikan rata-rata sekitar 2% antara Mei dan Oktober.

Selain itu, S&P 500 biasanya menghasilkan imbal hasil positif sekitar dua pertiga dari periode Mei hingga Oktober, sementara persentase tersebut meningkat menjadi 77% dari November hingga April.

Sebelumnya,  IHSG Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis (2/5/2024) sore ditutup melemah dipimpin oleh saham-saham sektor keuangan.

IHSG ditutup melemah 116,78 poin atau 1,61 persen ke posisi 7.117,41, sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 turun 27,97 poin atau 3,02 persen ke posisi 898,75.

“Bursa Asia bergerak mixed (variatif) lantaran pasar tampaknya ragu dengan langkah The Fed ke depan. Pada hari ini The Fed memutuskan untuk tidak menaikkan ataupun tidak menurunkan suku bunganya,” sebut Tim Riset Pilarmas Investindo Sekuritas dalam kajiannya di Jakarta, Kamis.

Presiden The Fed Jerome Powell menyebut bahwa dibutuhkan waktu lebih lama dari perkiraan untuk lebih yakin tentang pengembalian inflasi ke target 2 persen, namun di sisi lain, The Fed tampaknya menutup kemungkinan untuk kenaikan suku bunga pada tahun ini.

Interaktif Solopos

Selain itu, The Fed pada pertemuan kemarin juga mengumumkan untuk memperlambat pembelian aset, sehingga mengindikasikan bahwa The Fed masih berkomitmen terhadap higher for longer.

Dari dalam negeri, indeks PMI Manufaktur Indonesia pada April 2024 tercatat sebesar 52,9 poin atau turun dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 54,2 poin, namun masih dalam zona ekspansi atau di atas 50 poin.

Sementara itu, inflasi inti periode April 2024 turun 1,77 persen year on year (yoy) menjadi 1,82 persen, namun inflasi periode April 2024 menurun tipis dari awalnya 3,05 persen (yoy) menjadi 3,00 persen (yoy).

Berdasarkan Indeks Sektoral IDX-IC, dua sektor meningkat dipimpin sektor kesehatan yang naik 0,12 persen, diikuti sektor industri yang naik sebesar 0,11 persen.

Sedangkan sembilan sektor terkoreksi yaitu sektor keuangan turun paling dalam, minus 2,78 persen, diikuti sektor transportasi & logistik dan sektor barang konsumen non primer yang masing-masing minus 2,02 persen dan 1,75 persen.

Saham-saham yang menguat terbesar yaitu TRGU, NASI, MSKY, OKAS dan MHKI. Sedangkan saham-saham yang mengalami pelemahan terbesar yakni ATLA, ZINC, SMDR, MAPI dan BMRI.

Frekuensi perdagangan saham tercatat sebanyak 1.289.900 kali transaksi dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 19,27 miliar lembar saham senilai Rp16,78 triliun. Sebanyak 187 saham naik, 405 saham menurun, dan 178 tidak bergerak nilainya.



Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Solopos.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

KA Banyubiru Diminati Pekerja dan Wisatawan, Cek Jadwal Perjalanannya Hari Ini

KA Banyubiru Diminati Pekerja dan Wisatawan, Cek Jadwal Perjalanannya Hari Ini
author
Rohmah Ermawati Jumat, 3 Mei 2024 - 06:32 WIB
share
SOLOPOS.COM - Penumpang berada di dalam gerbong Kereta Api (KA) Banyubiru menuju Stasiun Tawang Semarang di Stasiun Solo Balapan, Solo, Selasa (11/7/2023). (Solopos.com/Joseph Howi Widodo).

Solopos.com, SOLO—Kereta Api (KA) Banyubiru yang beroperasi pada weekday maupun weekend menjadi salah satu pilihan favorit masyarakat yang akan bepergian dari Solo ke Semarang maupun sebaliknya.

Bagi Anda yang memerlukan bepergian dari Solo ke Semarang atau sebaliknya pada hari ini, simak jadwal perjalanan kereta api (KA) Banyubiru, Jumat (3/5/2024).

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Perjalanan dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Tawang Semarang memakan waktu sekitar dua jam dengan menaiki KA Banyubiru.

Menurut Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daops 4 Semarang, Franoto Wibowo, KA Banyubiru dengan jadwal keberangkatan pagi cenderung menjadi favorit ketimbang jadwal sore/malam.

Hal itu salah satunya karena KA Banyubiru banyak diminati oleh para pekerja dan wisatawan. “Selain itu, kalau pagi banyak penumpang yang berwisata ke daerah Solo seperti Masjid Sheikh Zayed,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, beberapa waktu lalu.

Diberitakan, PT KAI mengoperasikan kembali KA Banyubiru per 1 Juni 2023 setelah sebelumnya vakum selama sekitar 10 tahun.

Koran Solopos

“Kereta api ini diharapkan menjadi pilihan layanan mobilitas masyarakat Jawa Tengah,” kata Direktur Utama (Dirut) PT KAI Didiek Hartantyo saat peluncuran KA Banyubiru di Stasiun Tawang Semarang, Kamis (1/6/2023) lalu, seperti dilansir Antara.

Dia menjelaskan Banyubiru diambil dari nama yang dekat dengan masyarakat Jawa Tengah. “Banyu artinya air, biru mencerminkan keindahan alam,” katanya. KA Banyubiru sendiri terdiri atas tiga rangkaian kereta ekonomi dan empat rangkaian kereta eksekutif dengan total 431 tempat duduk.

Adapun, jadwal keberangkatan pertama kereta dari Solo–Semarang ini dimulai pukul 10.40 WIB–pukul 12.42 WIB (waktu tempuh 2 jam lebih 2 menit). Sedangkan keberangkatan kedua yakni sore hari pukul 17.15 WIB–pukul 19.31 WIB (waktu tempuh 2 jam lebih 16 menit).

Rute KA Banyubiru dari Stasiun Solo Balapan menuju Semarang akan berhenti di beberapa tempat, misalnya Stasiun Salem Grobogan, Stasiun Gundih di Grobogan, Stasiun Brumbung di Demak,  dan berakhir di Stasiun Semarang Tawang.

Stasiun yang Dilintasi KA BAnyubiru

Perjalanan KA Banyubiru melintas sejumlah stasiun yang unik dan legendaris. Stasiun Salem di Gemolong dan Stasiun Gundih di Grobogan dibangun pada 1870. Selanjutnya, Stasiun Brumbung di Demak dibangun pada 1867, disusul Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng dibangun pada 1914.

Rute yang dilintasi juga cukup legendaris karena merupakan jalur KA pertama dan tertua di Indonesia yang dibangun perusahaan KAI milik Hindia Belanda atau Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS).

Selain itu, destinasi wisata yang bisa dikunjungi dengan perjalanan kereta api ini cukup banyak. Pertama, di Kota Solo warga bisa mengunjungi Masjid Sheikh Zayed, Masjid Agung Solo, Pracima Tuin Pura Mangkunegaran, Keraton Solo, hingga Solo Safari Zoo.

Selanjutnya, dari Solo kereta bakal berhenti di Salem, Gemolong, Sragen. Beberapa destinasi wisata Sragen yang bisa dikunjungi yakni Museum Sangiran, Objek Wisata Sendang Kun Gerit, juga New Gunung Kemukus.

Selanjutnya kereta berhenti di Gundih, Grobogan. Destinasi wisata di Grobogan yakni Bledug Kuwu, Air Terjun Widuri, Waduk Nglangon, Sendang Teleng Kalibiru, hingga Air Terjun Gulingan.

Emagazine Solopos

Perjalanan dilanjutkan ke Stasiun Brumbung di Demak. Wisata yang layak dikunjungi yakni Masjid Agung Demak, Makam Terapung Syekh, Mudzakir, Hutan Mangrove Morosari Sayung, Brown Canyon Demak, Desa Wisata Tlogoweru, dan Taman Air Polaris.

Destinasi terakhir KA Banyubiru adalah di Stasiun Semarang Tawang. Sejumlah destinasi wisata di Semarang yang layak dikunjungi yakni Lawang Sewu, Saloka Theme Park, Klenteng Sam Poo Kong, Kota Lama Semarang, Pagoda Avalokitesvara, Kampung Pelangi, hingga Museum Ranggawarsita.

Jadwal Perjalanan KA Banyubiru

Mengutip informasi yang dihimpun dari KAI Access, berikut jadwal dan rute lengkap lengkap KA Banyubiru hari ini, Jumat (3/5/2024):

1. Jadwal Pagi Solo-Semarang

Kereta Api Banyubiru dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Semarang Tawang

Harga tiket KA Banyubiru ekonomi dengan rute Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Tawang untuk kondisi normal dibanderol Rp40.000 sekali jalan. Sementara, harga tiket eksekutif kondisi normal Rp75.000 sekali jalan.

Stasiun Solo Balapan: berangkat pukul 10.40 WIB

Stasiun Salem: berangkat pukul 11.00 WIB

Stasiun Gundih: berangkat pukul 11.24 WIB

Stasiun Brumbung: berangkat pukul 12.25 WIB

Interaktif Solopos

Tiba di Stasiun Semarang Tawang pada pukul 12.42 WIB

2. Jadwal Sore Solo-Semarang

Kereta Api Banyubiru dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Semarang Tawang.

Harga tiket KA Banyubiru ekonomi dengan rute Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Tawang untuk kondisi normal dibanderol Rp40.000 sekali jalan. Sementara, harga tiket eksekutif dibanderol Rp75.000 sekali jalan.

Stasiun Solo Balapan: berangkat pukul 17.15 WIB

Stasiun Salem: berangkat pukul 17.35 WIB

Stasiun Gundih: berangkat pukul 17.59 WIB

Stasiun Brumbung: berangkat pukul 19.14 WIB

Tiba di Stasiun Semarang Tawang pada pukul 19.31 WIB

3. Jadwal Pagi Semarang-Solo

Kereta Api Banyubiru dari Stasiun Semarang Tawang ke Stasiun Solo Balapan



Tiba di Stasiun Semarang Tawang pada pukul 12.42 WIB

2. Jadwal Sore Solo-Semarang

Kereta Api Banyubiru dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Semarang Tawang.

Harga tiket KA Banyubiru ekonomi dengan rute Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Tawang untuk kondisi normal dibanderol Rp40.000 sekali jalan. Sementara, harga tiket eksekutif dibanderol Rp75.000 sekali jalan.

Stasiun Solo Balapan: berangkat pukul 17.15 WIB

Stasiun Salem: berangkat pukul 17.35 WIB

Stasiun Gundih: berangkat pukul 17.59 WIB

Stasiun Brumbung: berangkat pukul 19.14 WIB

Tiba di Stasiun Semarang Tawang pada pukul 19.31 WIB

3. Jadwal Pagi Semarang-Solo

Kereta Api Banyubiru dari Stasiun Semarang Tawang ke Stasiun Solo Balapan



Harga tiket KA Banyubiru ekonomi dengan rute Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Tawang untuk kondisi normal dibanderol Rp40.000 sekali jalan. Sementara, harga tiket eksekutif kondisi normal dibanderol Rp75.000 sekali jalan.

Stasiun Semarang Tawang: berangkat pukul 07.50 WIB

Stasiun Brumbung: berangkat pukul 08.10 WIB

Stasiun Gundih: berangkat pukul 09.11 WIB

Stasiun Salem: berangkat pukul 09.35 WIB

Tiba di Stasiun Solo Balapan pukul 09.55 WIB

4. Jadwal Sore Semarang-Solo

Kereta Api Banyubiru dari Stasiun Semarang Tawang ke Stasiun Solo Balapan

Harga tiket KA Banyubiru ekonomi dengan rute Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Tawang untuk kondisi normal dibanderol Rp40.000 sekali jalan. Sementara, harga tiket eksekutif kondisi normal dibanderol Rp75.000 sekali jalan.

Stasiun Semarang Tawang: berangkat pukul 20.45 WIB



Stasiun Brumbung: berangkat pukul 21.04 WIB

Stasiun Gundih: berangkat pukul 22.17 WIB

Tiba di Stasiun Solo Balapan pukul 22.56 WIB

Cara Membeli Tiket KA Banyubiru

Pembelian tiket KA Banyubiru salah satunya bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access. Calon penumpang bisa membuka aplikasi tersebut, klik pilihan KA Antar Kota.

Setelah itu, pilih stasiun asal yakni Solo Balapan dengan tujuan Semarang. Nanti bakal ada beberapa pilihan kereta menuju Semarang, salah satunya Banyubiru.





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories