SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan umum kepala daerah (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Pelantikan kepala daerah hasil Pilkada 2015 di Jateng akan digelar pada Rabu (17/2/2016).

Semarangpos.com, SEMARANG – Sebanyak 17 kepala daerah dan wakil kepala daerah di Jawa Tengah (Jateng) yang terpilih pada Pilkada 2015 lalu akan dilantik secara bersama di Lapangan Pancasila, Simpanglima, Semarang, Rabu (17/2/2015). Untuk menyemarakan acara itu, Pemprov Jateng sebagai tuan rumah pun akan menggelar pesta rakyat.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Sekda Jateng, Sri Puryono, mengatakan pesta rakyat nanti akan digelar seusai pelantikan. Dalam pesta rakyat ini, seluruh masyarakat yang hadir akan disajikan berbagai menu masakan khas Jateng.

“Menu itu disediakan oleh masing-masing daerah yang kepala daerahnya dilantik. Mereka disuruh membawa sendiri-sendiri menu masakan khas daerahnya. Setiap daerah kami minta membawa makanan minimal 300 porsi. Untuk saat ini baru Kebumen yang menyatakan kesiapan dengan akan membawa menu masakan sate ambal,” ujar Sri Puryono saat dijumpai wartawan di Gedung Bappeda Jateng, Kota Semarang, Senin (15/2/2016).

Untuk menggelar acara pelantikan ini, Sri mengaku Pemprov Jateng akan mengeluarkan dana sebesar Rp400 juta. Dana itu akan diambilkan dari patungan Pemprov dengan daerah-daerah.

“Kalau pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur kan dananya diambil dari APBN, tapi kalau ini pakai APBD. Jadi dananya sebagian diambilkan dari Pemprov, sisanya dari masing-masing daerah,” imbuh Sri.

Dalam Pilkada yang digelar serentak pada 9 Desember lalu, ada sebanyak 21 daerah yang melangsungkan pemilihan. Namun, baru 17 di antaranya yang dilantik pada Rabu nanti.

Sementara itu, salah satu staf Humas Pemprov Jateng, Arief Katili, mengaku dalam pesta rakyat itu jumlah peserta tidak akan dibatasi. Semua lapisan masyarakat yang hadir bisa menikmati pesta rakyat bersama para pimpinan daerah pilihannya.

“Untuk pesta rakyat kami memang tidak membatasi jumlah undangannya. Kebijakan ini juga karena masing-masing daerah mengonfirmasi akan membawa tamunya sendiri. Satu daerah bahkan mengaku akan membawa undangannya sendiri sebanyak 100-an orang,” beber Katili.

Dalam Pilkada yang digelar serentak 9 Desember lalu ada 21 daerah yang melangsungkan pemilihan kepala maupun wakil kepala daerahnya. Namun, dari jumlah itu hanya 17 di antaranya yang mengikuti pelantikan secara serentak Rabu nanti. Sementara, empat daerah lainnya akan menjalani pelantikan secara terpisah menyusul belum habisnya masa jabatan pimpinan daerah yang digantikan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya