SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/harian jogja/wordpress.com)

Ilustrasi (JIBI/harian jogja/wordpress.com)

Kanalsemarang.com, KUDUS- Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, berencana membangun terminal air curah untuk melayani pemilik usaha air minum isi ulang di daerah setempat.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Menurut Direktur PDAM Kudus Ahmadi Syafa di Kudus, Jumat (12/12/2014), rencana pengembangan usaha baru dengan membangunan terminal air curah tersebut baru akan direalisasikan pada tahun anggaran 2015.

Penganggaran pada 2015, kata dia, dioptimalkan untuk pengembangan usaha baru tersebut karena selama ini sudah memiliki pelanggan yang merupakan pemilik usaha air minum isi ulang galon.

Dalam sehari, kata dia, setiap satu tempat usaha air minum isi ulang bisa melakukan pengambilan air 5-10 rit.

“Sekali mengambil hingga satu truk tangki dengan kapasitas tangki hingga 5.000 liter,” ujarnya seperti dikutip Antara.

Peluang usaha di sektor tersebut, kata dia, cukup prospek sehingga akan menjadi bidikan pengembangan usaha PDAM pada tahun mendatang.

Terlebih lagi ketika ada aturan larangan pengambilan air di daerah Colo, Kecamatan Dawe, Kudus, kata dia, tentunya banyak pelaku usaha air isi ulang yang membutuhkan alternatif pasokan air bersih untuk dijual kembali kepada masyarakat.

Air yang ditawarkan nantinya, kata dia, akan diproses secara khusus sehingga memang sesuai kebutuhan mereka untuk dijual kembali sebagai air isi ulang galon.

Rencana pembangunan depo air curah ada di Kecamatan Bae, Kudus, yang tidak jauh dari lokasi sumur produksi milik PDAM.

“Sebetulnya di lokasi yang sama sudah ada penampungan. Akan tetapi kapasitasnya masih kecil sehingga perlu diperbesar,” ujarnya.

Suplai air untuk depo tersebut, kata dia, berasal dari sumur produksi yang ada dengan terlebih dahulu melalui pengolahan secara khusus sebelum dijual.

Pengembangan usaha baru tersebut, kata dia, diyakini tidak akan mengganggu layanan PDAM Kudus terhadap pelanggan.

Ketua Komisi B DPRD Kudus Muhtamat menyatakan, dukungannya terhadap rencana PDAM Kudus membangun terminal air curah.

Dengan pengembangan tersebut, dia berharap, usaha PDAM akan semakin maju, terutama dalam memberikan layanan air bersih kepada masyarakat Kudus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya