SOLOPOS.COM - Petugas mengganti jaringan kabel terbuka dengan kabel tertutup di simpang Manahan, Solo, Rabu (5/3). Penggantian tersebut dilakukan agar jaringan listrik lebih aman dan tahan terhadap cuaca buruk. (Dok/JIBI/Solopos)

Ilustrasi

Kanalsemarang.com, KUDUS – Jumlah gangguan jaringan listrik milik PT PLN Rayon Kudus Kota, Jawa Tengah, yang terjadi selama Januari hingga November 2014 mencapai 217 kali atau melampaui target maksimal yang ditetapkan selama setahun.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

“Adapun target maksimal terjadinya gangguan jaringan selama setahun sebanyak 150 kali. Sedangkan hingga November 2014 gangguan yang terjadi sudah mencapai 217 kali,” kata Manajer PLN Rayon Kudus Kota Agus Suwarsono seperti dikutip Antara, Rabu (3/12/2014).

Gangguan jaringan listrik yang terjadi selama ini, kata dia, disebabkan oleh banyak faktor.

Di antaranya, disebabkan oleh faktor cuaca, aktivitas masyarakat yang melakukan pembangunan serta hewan.

Ia mencatat, beberapa kali terjadi gangguan yang disebabkan oleh kegiatan pembangunan yang dilakukan masyarakat, meskipun sudah diingatkan agar berhati-hati.

“Kalaupun membutuhkan pemadaman sementara, kami juga siap melakukannya. Kenyataannya, mereka terlalu menganggap sepele namun adanya sentuhan dengan kabel jaringan akhirnya menimbulkan gangguan hingga terjadi pemadaman listrik ke pelanggan,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, aktivitas burung liar yang terkadang hinggap di kabel jaringan juga bisa menyebabkan terjadinya gangguan jaringan listrik.

Terkait kerusakan travo maupun peralatan listrik yang ada, kata dia, selama ini memang kerap terjadi yang disebabkan karena tersambar petir.

Beberapa peralatan yang terpasang, kata dia, ada yang harus dilakukan penggantian ketika berulang kali terkena petir.

Akan tetapi, lanjut dia, tidak adanya peralatan pendukung untuk mengetahui peralatan tersebut sudah berapa kali tersambar petir, akhirnya petugas hanya bisa menggantinya ketika peralatan tersebut mengalami gangguan.

Total travo yang rusak dan harus dilakukan penggantian, kata dia, ada tujuh unit dengan harga setiap unitnya mencapai Rp25 jutaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya