SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas Pelabuhan Peti Kemas Tanjung Priok Jakarta (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Ilustrasi (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Emas berupaya untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

“Peningkatan pelayanan terus kami laksanakan, ini juga akan masuk pada program kerja di tahun depan,” ujar Kepala KSOP Tanjung Emas Carolus Sangaji seperti dikutip Antara, Kamis (11/12/2014).

Menurutnya, dengan peningkatan pelayanan maka para eksportir maupun importir akan lebih nyaman dalam mengirimkan barang melalui pelabuhan.

Salah satu program yang mulai dilaksanakan pada tahun depan yaitu penggabungan pemeriksaan barang dari instansi bea dan cukai serta dari instansi karantina. Dengan demikian, kondisi ini diharapkan bisa memanjakan para importir.

“Sebelumnya kan diperiksa secara terpisah, sehingga cukup merepotkan. Ke depan, akan kami periksa di satu tempat, jika sudah beres semua termasuk proses pemeriksaan barang melalui laboratorium baru barang boleh diambil,” katanya.

Sementara itu, mengenai peningkatan fasilitas lain sejauh ini pihak pelabuhan sudah mengerjakan proyek pengembangan pelabuhan yang ke depan diharapkan bisa menarik lebih banyak pelaku industri untuk memanfaatkan jasa pelabuhan.

“Pengembangan ini harus kami lakukan karena merupakan tuntutan pasar, saat ini laju ekspor impor semakin tinggi sehingga perlu fasilitas pengiriman yang baik dan memadai,” katanya.

Carolus berharap, kenaikan arus pengiriman barang tidak hanya khusus ekspor impor tetapi juga domestik. Dengan pengiriman melalui jalur laut, maka kepadatan jalan raya khususnya di jalur pantura bisa dikurangi.

Mengenai tarif, pihaknya mengakui sejauh ini tarif transportasi laut masih sedikit lebih mahal dibandingkan dengan transportasi darat, yaitu ada selisih sekitar Rp1 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya