SOLOPOS.COM - KM Egon bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. (Ilustrasi/Dok/JIBI/Antara)

KM Egon bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. (Ilustrasi/Dok/JIBI/Antara)

Pelayanan Tanjung Emas Semarang terus ditingkatkan. Pelindo III Semarang akan memusatkan dermaga untuk kapal penumpang agar tidak jadi satu dengan arus lalu lintas barang 

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

 

 

Kanalsemarang.com, SEMARANG– PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, segera memusatkan dermaga bagi kapal penumpang sehingga tidak lagi menjadi satu dengan arus lalu lintas barang.

“Selama ini dermaga untuk kapal penumpang dengan barang masih menjadi satu, jadi lokasi turunnya penumpang dengan arus lalu lintas barang juga masih tercampur,” kata Manajer Operasional PT Pelindo III Cabang Tanjung Emas Widjang Indradto seperti dikutip Antara, Senin (23/2/2015).

Menurutnya, sesuai rencana yang telah disusun, realisasi pembangunan tersebut akan dilakukan dalam waktu lima tahun ke depan.

Pemusatan dermaga kapal bermuatan penumpang sekaligus terminalnya akan dilakukan di Tambak Lorok sehingga jauh dari aktivitas bongkar muat barang. Diharapkan, pemusatan tersebut bisa meningkatkan kenyamanan dan keamanan para penumpang.

Menurutnya, langkah tersebut penting dilakukan mengingat penumpang yang turun dari kapal terutama kapal asing sangat memperhatikan kenyamanan dan kebersihan.

Menurutnya, dengan dermaga kapal dan terminal penumpang yang dipusatkan menjadi satu dan jauh dari arus lalu lintas barang di pelabuhan berpotensi meningkatkan jumlah kapal baik domestik maupun asing yang masuk Pelabuhan Tanjung Emas.

Sebelumnya, Manajer SDM dan Umum PT Pelindo III Cabang Tanjung Emas Nugroho Christianto mengatakan pembangunan terminal penumpang ke depannya juga akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang sesuai dengan standar internasional.

Menurutnya, dari kunjungan Menteri Perhubungan beberapa waktu lalu disimpulkan bahwa kondisi terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Emas terlalu sempit sehingga terlihat memprihatinkan.

Peningkatan terminal penumpang merupakan satu dari beberapa upaya yang dilakukan PT Pelindo III dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat yang menggunakan jasa transportasi laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya