SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang kertas rupiah (Endang Muchtar/JIBI/Bisnis)

Ilustrasi uang kertas rupiah (Endang Muchtar/JIBI/Bisnis)

Ilustrasi uang kertas rupiah (Endang Muchtar/JIBI/Bisnis)

Pelemahan rupiah mulai berdampak pada peningkatan harga emas. Asosiasi Pengusaha Emas dan Permata Indonesia (APEPI) Kota Semarang menyatakan harga emas di Semarang dan jateng terutama kadar 24 karat terus naik 

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

 

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Pelemahan rupiah terhadap dolar AS berdampak pada penaikan harga emas batangan 24 karat, kata Ketua Asosiasi Pengusaha Emas dan Permata Indonesia (APEPI) Kota Semarang Bambang Yuwono.

“Saat ini harga emas batangan dengan kadar emas 24 karat mencapai Rp490.000 per gram. Sebelumnya, harganya sebesar Rp460.000/gram,” katanya di Semarang seperti dikutip Antara, Kamis (12/3/2015).

Sebagai dampak dari penaikan tersebut, harga emas perhiasan pun mengalami penaikan yang relatif cukup signifikan. Jika sebelumnya pada harga Rp380.000/gram saat ini sekitar Rp420.000-Rp440.000/gram.

“Emas memang merupakan salah komoditas yang sangat bergantung pada kondisi dolar AS. Jadi, fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pasti berdampak pada penaikan maupun penurunan harga emas, baik batangan maupun perhiasan,” katanya.

Menurut dia, selama ini para pedagang selalu membeli emas dengan hitungan dolar AS sehingga fluktuasi nilai tukar mata uang sangat berpengaruh terhadap harga beli dari level pedagang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya