SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis/Dok)

Ilustrasi uang tunai rupiah. (Rahmatullah/JIBI/Bisnis)

Ilustrasi (Rahmatullah/JIBI/Bisnis)

Pelamahan rupiah dinilai Pemkab Kudus belum memberi pengaruh terhadap proyek infrastruktur di Kudus.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

 

Kanalsemarang.com, KUDUS- Sejumlah proyek infrastruktur pada tahun anggaran 2015 dipastikan tidak terlalu terpengaruh dengan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, kata Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah Kudus Eko Djumartono.

“Pasalnya, penentuan nilai belanja barang ditentukan berdasarkan indeks,” ujarnya menanggapi penurunan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di Kudus seperti dikutip Antara, Selasa (24/3/2015).

Ia mengatakan, indeks belanja yang ditentukan juga ada batas maksimalnya sehingga ketika ada kenaikan harga barang karena pengaruh nilai tukar rupiah masih bisa diantisipasi.

Jika hal itu terjadi, kata dia, penghematan anggaran memang berkurang karena seharusnya bisa dibeli dengan harga lebih murah, namun adanya penguatan nilai dolar maka harganya menjadi lebih mahal.

Meskipun demikian, kata dia, fluktuasi rupiah yang terjadi saat ini tidak terlalu berpengaruh dengan sejumlah proyek infrastruktur di Kudus.

“Anggaran yang disediakan lewat APBD Kudus 2015 diyakini juga tidak ada persoalan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya