SOLOPOS.COM - Pengemasan produk di pabrik pelumas Pertamina. (JIBI/Solopos/Antara)

Pelumas produksi Pertamina tambah laris 20% di Jateng dan DIY.

Semarangpos.com, SEMARANG — Penjualan pelumas yang dilakukan Perseroan Terbatas Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tumbuh 20% pada kurun waktu tiga tahun terakhir ini.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

“Tiga tahun terakhir ini memang pertumbuhannya sangat fantastis,” kata Sales Region Manager PT Pertamina Marketing Operation Region IV Jawa Tengah dan DIY Christina CH Simorangkir pada acara Sindo Award 2016 yang dilaksanakan di Hotel Pessona Semarang, Senin (5/12/2016).

Pada acara tersebut, PT Pertamina Lubricants sebagai produsen pelumas kendaraan meraih penghargaan kategori penjualan terbaik untuk produk unggulan Oli Enduro Matic di daerah Jateng dan DIY.

Dikatakan, saat ini pangsa pasar Pertamina Lubricants di dua daerah tersebut mencapai 50%. Sedangkan total konsumsi pelumas di Jawa Tengah sebanyak 40.000 kl/tahun. Artinya, volume pelumas khusus dari Pertamina yang terjual di Jawa Tengah mencapai 20.000 kl/tahun. Pihaknya menargetkan, konsumsi pada tahun 2017 dapat tumbuh sebesar 10% dari tahun ini.

Produk pelumas yang dikeluarkan oleh PT Pertamina (Persero) hingga saat ini sebanyak 120 produk. Beberapa jenis pelumas di antaranya untuk kendaraan roda dua, roda empat, pabrik otomotif, dan untuk industri. “Semua laku terjual di dalam negeri termasuk di Jawa Tengah,” katanya.

PT Pertamina Lubricants merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero) terbentuk pada tanggal 23 September 2013 yang bertugas mengelola usaha pelumas otomotif dan industri serta base oil untuk pasar domestik dan internasional. Saat ini, Pertamina Lubricants mengoperasikan tiga unit produksi di Gresik, Cilacap, dan Jakarta.  Ada pula satu unit produksi di Thailand dengan total kapasitas lebih dari 535 juta liter/tahun. Pelumas Pertamina juga telah melakukan ekspansi pasar ke mancanegara di antaranya ke Afrika Selatan, Australia, Nepal, Bangladesh, Nigeria, Malaysia, Filipina, Singapura, Kamboja, dan Thailand.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya