SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kurikulum 2013 (JIBI/Solopos/Dok.)

Ilustrasi (JIBI/Dok)

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Dinas Pendidikan Kota Semarang masih menunggu petunjuk resmi dari pemerintah pusat terkait dengan penerapan kurikulum setelah penghentian pelaksanaan Kurikulum 2013.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

“Kami masih menunggu petunjuk tertulis dari kementerian. Sejauh ini, kegiatan pembelajaran di sekolah belum ada perubahan,” kata Kepala Disdik Kota Semarang Bunyamin di Semarang seperti dikutip Antara, Selasa (9/12/2014).

Ia menyebutkan ada puluhan sekolah di Kota Semarang, baik negeri maupun swasta, yang sudah menerapkan Kurikulum 2013 sehingga pola pembelajaran yang dilakukan juga mengacu kurikulum tersebut.

Sekolah-sekolah yang menerapkan kurikulum baru, yakni sebanyak 12 sekolah dasar (SD), enam sekolah menengah pertama (SMP), dan 12 sekolah menengah atas (SMA), dan sebanyak 15 sekolah menengah kejuruan (SMK).

“Sekolah-sekolah kan sekarang masih melaksanakan ujian semester, ulangan umum. Ya, semua berjalan seperti biasa. Ujian semester dan ulangan umum tetap berjalan seperti yang direncanakan,” katanya.

Untuk evaluasi atas ujian semester dan ulangan umum nantinya, kata dia, tetap menggunakan Kurikulum 2013 karena selama ini mereka mengacu pada kerangka pembelajaran kurikulum baru atau Kurikulum 2013.

“Sepengetahuan kami, petunjuk dari Pak Menteri [Anies Baswedan, Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah]. Yang sudah tiga semester menerapkan kurikulum baru, jalan terus,” tukasnya.

Meski demikian, Bunyamin mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu petunjuk lebih lanjut atas kebijakan Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah terkait dengan penghentian pelaksanaan kurikulum baru.

Menteri Anies Baswedan, Jumat (5/12), memutuskan untuk menghentikan pelaksanaan Kurikulum 2013 di seluruh Indonesia karena sebagian besar sekolah belum siap melaksanakan Kurikulum 2013.

Dengan keputusan itu, sekolah yang baru menerapkan Kurikulum 2013 selama satu semester akan kembali menggunakan Kurikulum 2006.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya